Komposisi Golden Ratio (Part 2)

Pada masi belum nyangkut yak…? Kalau kamu masih bingung, kamu bisa coba cara ini yang lebih simple. Lupakan dulu lingkaran spiralnya, fokus ke rasio nya dulu ya..

Kamu bisa mengaplikasikan pada sebuah frame, dengan membagi menggunakan rasio 1 : 1,618 kamu akan mendapatkan garis-garis seperti ini.

Kalau keempat garis tersebut digabungkan, akan didapatkan garis-garis utaa pada komposisi golden ration ini. Garis tersebut bisa saja memiliki garis sekunder yang berada di dekat garis utama, seperti ini (garis lurus).

Nah kita coba lihat sekarang aplikasinya pada gambar ya..

Source : Youtube : Andrew Tischler

Pada gambar di atas gunung di belakang menggunakan komposisi 1 : 1,618. Sedangkan untuk garis horizon pada gambar menggunakan garis sekunder, karena garis utama dirasa terlalu tinggi.

Source : Youtube : Andrew Tischler

Pada gambar di atas pohon di sebelah kanan, rumah di kiri dan garis horizon menggunakan rasio 1 : 1,618.

Source : Youtube : Andrew Tischler

Udah makin ngerti kan yah.. Nah kalo udah ngerti cara pembagian rasionya, kamu tinggal masukin lingkaran spiralnya.. Posisikan lingkaran spiral pada point of interest. Kamu juga bisa memasukkan subjek lainnya di sekitar POI yang mendukung subjek utama. Kamu juga bisa menggunakan garis spiral tersebut untuk menuntun mata orang yang melihat, urutan melihatnya karena lengkungan Fibonacci ini adalah komposisi yang dibuat untuk menyesuaikan gerakan alami mata manusia, seperti misalnya kita membaca biasanya dari kiri ke kanan. Maka dengan menggunakan komposisi ini, ada kenyamanan tersendiri yang dihasilkan sehingga fotomu terlihat lebih harmonis dan seimbang. Setelah mengerti konsep ini, kamu bisa melihat komposisi ini pada berbagai macam objek yang ada di sekitarmu. Kita lihat beberapa foto yang menggunakan komposisi ini yah..

Source : Youtube : DavidsonArtOnline
Source : https://photo.stackexchange.com/
Source : https://photographyicon.com/

Source : https://www.jagofoto.com/

Source : http://belfot.com/

Source : http://belfot.com/

Source : https://www.dictio.id/