Komposisi Golden Ratio (Part 1)

Ternyata banyak yang masih bingung ya tentang golden ratio.. Yuk kita bahas lebih detail disini..

Golden ratio adalah perbandingan rasio 1 : 1,618 yang sebenarnya banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat kalau golden ratio bukan aturan yang wajib dan harus diikuti, tapi sebagai guide buat kita untuk mendapatkan hasil foto yang harmonis dan seimbang, tapi bisa juga disesuaikan dengan kondisi dan hasil yang diinginkan.

Kamu bisa mencoba membuat garis dengan perbandingan seperti di bawah ini, garis A dengan rasio 1,618 garis B dengan rasio 1.

Rasio tersebut dapat kamu temukan pada tanganmu loh Sobat KEE.. Coba lihat di bawah ini..

Source : Youtube : DavidsonArtOnline

Keren banget kan! Tenang itu baru permulaan.. Pada bangunan arsitektur, lukisan jaman dulu,  pun juga demikian..

Source : https://photographyhero.com/
Source : Youtube : DavidsonArtOnline

Nah sekarang gimana sih dapet angka 1,618? Ternyata gini Sobat KEE..

Source : https://photographyhero.com/

Setelah didapatkan angka-angka hasil penambahan tersebut, coba kamu bagi dengan hasil di atasnya seperti ini, akan didapatkan hasilnya sekitar angka 1,6!

Source : https://photographyhero.com/

Dari angka-angka tersebut kamu bisa membuat kotak-kotak yang ternyata adalah jumlah penambahan yang kita lakukan di atas.

Source : https://photographyhero.com/

Dari kotak-kotak tersebut kita mendapatkan lengkungan Fibonacci atau Fibonacci Spiral dengan membuat garis melengkung dari ujung -ujung yang berseberangan dari tiap kotak persegi.

Source : https://photographyhero.com/

Kamu bisa menggunakan spiral untuk menuntun mata orang yang melihat menuju point of interest pada foto. Kamu bisa memberikan penekanan pada subjek di dalam foto dengan garis lengkungan ini.

Photo by : Ansell Adams
Source : https://snapshot.canon-asia.com/

Gimana-gimana Sobat KEE.. Udah makin ngerti atau makin ngebul nih..? ;) Yuk yuk share di kolom comment yak biar mimin tau Sobat KEE udah pada ngerti belum..