Kode Error Pada Kamera Nikon

1. "Err" yang berkedip

Masalah : Error ini menunjukkan adanya fungsi yang tidak normal pada kamera. Biasanya terjadi karena koneksi elektronis pada kamera mangandung minyak dari proses manufakturing.

Solusi : Matikan kamera, lepas lensa, bersihkan sambungan antara kamera dan lensa dengan lap kering. Jika pesan error masih menyala, coba lepaskan baterai, pasang kembali. Jika masih muncul juga, bawa kamera ke service centre terdekat.

 

2. “fEE” berkedip

Masalah : Biasanya muncul jika kamu menggunakan jenis lensa yang cukup lama seperti Nikon 50mm f/1.4D yang terdapat ring aperture dan posisinya tidak di aperture minimum. Kemungkinan saat mengganti lensa kamu tidak sengaja memutar ring tersebut sehingga muncul pesan error.

Solusi : Memutar ring aperture ke angka f terbesar (bukaan terkecil). Untuk menghindari ketidaksengajaan kamu dapat menggunakan aperture ring lock.

3. Pesan segitiga dengan huruf “F”

Masalah : Kamera tidak dapat mendeteksi lensa.

Solusi : Kamu dapat mengecek kembali apakah lensa sudah terpasang dengan benar. Kamu bisa mencoba melepas dan memasangkannya kembali.

4. Pesan “(-E-)” yang terus menerus

Masalah : Memory card tidak dapat ditemukan pada kamera

Solusi : Kamu dapat mengeluarkan memory card dan memasukkannya kembali. Atau kamu dapat menggunakan memory card lainnya. Tetapi jika pesan error masih muncul, kemungkinan koneksi dudukan memory card sudah bengkok atau rusak. Jika hal ini terjadi, kamu perlu membawanya ke tempat servis.

5. Pesan “CHA/CHR” yang berkedip

Masalah : Ada error pada memory card. Penyebabnya adalah ketika kamu mengimport foto dari memory card ke komputer, kita menghapus lewat komputer bukan memformat di kamera. Biasanya kalau kamu menghapus file tanpa memformat bisa menyebabkan kamera bermasalah.

Solusi : Format memory card di kamera, tidak di komputer.

 

6. Pesan “Information”

Masalah : Jika muncul kode error berupa huruf “i” dalam lingkaran, maka kemungkinan yang terjadi adalah baterai sudah mau habis, perlu diisi ulang, atau memory card sudah penuh, atau juga subjek dalam foto sedang mengedip saat kamu mengambil gambar.

Solusi : Isi baterai jika sudah mau habis, pindahkan foto jika memory card sudah penuh, dan foto ulang jika subjekmu sedang mengedip pada hasil foto.

7. Pesan “F0”

Masalah : Pesan muncul karena lensa belum terpasang sempurna pada kamera.

Solusi : Pada lensa tipe G, pesan error akan terus muncul sampai kamu mendengar bunyi ‘klik’ yang menandakan lensa sudah terpasang dengan baik.

Pada lensa tipe F, kamu dapat melihat ketika kamu memutar lensa saat memasangnya, angka yang berada dekat kode F akan bergerak naik sampai lensa terpasang dengan baik dan terdengan bunyi ‘klik’.