Kesalahan Umum Saat Pemotretan Astrofotografi

Astrogotografi mungkin terlihat suit, tapi kalau kamu sudah tau triknya pasti tidak sesulit yang kamu sangka. Yuk cari tau kesalahan apa aja yang suka dilakukan..

1. Memotret dengan format JPG

Disarankan buat memotret dalam format RAW karena kalau kamu memotret dalam format JPG kamu akan kehilangan banyak data penting yang kamu perlukan saat proses editing.

2. Mengatur saat gelap

Kamu dapat pergi ke lokasi pemotretan saat matahari belum terbenam sehingga kamu bisa mengatur kameramu dan memilih posisi yang bagus. Jika kamu datang saat kondisi sudah gelap, kamu akan kesulitan mengatur dalam kegelapan.

3. Perencanaan yang buruk

Disarankan untuk menghindari waktu memotret saat malam berawan atau saat bulan purnama. Biasanya pemotretan akan lebih bagus saat tidak ada bulan. Cek kondisi cuaca dan siklus bulan sebelum pergi ke tempat tujuan.

4. Memotret di tempat polusi

Polusi cahaya bisa menghalangi kamu mendapatkan gambar yang bagus. Kamu bisa menjauh dari daerah perkotaan untuk menghindari polusi.

5. Membawa banyak peralatan

Kadang kala pemikiran perlatan yang bagus baru bisa menghasilkan foto yang bagus perlu dibuang jauh-jauh. Kamu hanya perlu memastikan pengaturan kameramu benar dan kondisi cuaca tepat, kamu bisa menghasilkan foto yang bagus.