Kesalahan Sederhana Waktu Motret

Sebenarnya dalam dunia fotografi ga ada salah dan benar. Cuma dalam memotret biasanya sebisa mungkin tidak ada kesalahan supaya hasilnya lebih mantul. Kira-kira apa aja sih kesalahan sederhana yang suka kamu lakuin mungkin tanpa sadar malah..

1. Hindari benda yang kurang enak dilihat dan tidak berhubungan dengan tema foto

Sebelum kamu memencet tombol shutter, coba cek lagi apakah semua elemen dalam frame sudah pas. Kalau ada beberapa benda yang mengganggu, mungkin kamu bisa mengubah sudut atau anglemu, atau kalau bisa memindahkan benda tersebut. Benda apa aja sih? Misalnya sampah yang menumpuk, atau orang yang sedang berjalan. Meskipun kamu bisa mengeditnya nanti, akan lebih baik kalau kamu mendapatkan foto yang bersih.

Source : unsplash

2. Perhatikan elemen garis

Elemen garis merupakan elemen yang cukup kuat dalam sebuah gambar. Pastikan sebelum menekan tombol shutter tidak ada garis-garis yang melintang tidak beraturan. Misalnya kamu sedang memotret jalan kecil tapi ada kabel yang menjuntai ke bawah. Meskipun kecil tapi mengganggu fotomu dan bisa merusak hasil fotomu.

3. Cakrawala miring

Ini nih yang paling umum dan banyak dilakukan, garis cakrawala miring. Usahakan untuk memotretnya lurus, kecuali konsep fotomu miring.

Source : unsplash

4. Hati-hati dengan mengcrop bagian tubuh

Perlu banget kamu tau bagian tubuh mana aja yang pas untuk di crop. Karena kalau salah, malah akan membuat fotomu terlihat aneh dan mengganggu.