Kelebihan Kamera Analog

Di zaman serba modern ini, masi ada aja loh ternyata orang yang suka dengan kamera vintage alias analog. Jangan-jangan Sobat KEE termasuk salah satunya..

Nah apa aja sih kelebihan dari kamera analog ini, koga masih aja banyak orang yang suka..

1. Resolusi besar

Mungkin belum banyak yang tau ya kelebihan yang satu ini.. Yap! Betul banget, pada kamera analog tidak dibatasi dengan besaran resolusi pada kamera seperti pada kamera digital. Jika kamu mencetak foto lebih dari pixel resolusi foto, maka hasilnya foto menjadi blur. Kalau kamera analog malah tidak mengenal batasan resolusi. Kamu bisa mencetak hasil foto sebesar yang kamu inginkan.

2. Hemat baterai

Biasanya pada kamera digital, kehabisan baterai bisa jadi momok yang menyeramkan. Lain halnya dengan kamera analog. Kamera ini tidak memerlukan daya baterai seperti kamera digital yang semua fiturnya memerlukan baterai. Pada kamera analog, baterai digunakan untuk mengaktifkan eksposure dan light meter.

Source : Blibli.com

3. Tahan lama dan tahan banting

Pada kamera digital biasanya terdapat lebih banyak komponen elektronik dan sensitif. Banyak kejadian secara tidak sengaja kameramu terjatuh, tergores, atau terkena air sehingga menjadi mudah rusak. Sedangkan komponen pada kamera analog lebih kuat, awet, dan tahan banting.

4. Tidak ada noise

Salah satu pengganggu pada kamera digital adalah noise waktu kamu menggunakan ISO tinggi. Pada kamera analog tidak ada noise, tetapi ada grain yang hampir serupa dengan noise yaitu bintik-bintik yang diakibatkan sensitifitas emulsi film setelah proses cuci cetak. Tapi biasanya bisa dianggap sebagai seni loh..

Photo by : Todd Klassy

5. Warna vivid pada foto

Hasil warna dari kamera analog cukup unik yaitu warna vivid yang memiliki arti mencolok atau sangat cerah sehingga biasanya sangat eye catching karena kamera analog dapat menangkap sinar pada objek apa adanya.

6. Bobot lebih ringan

Buat kamu yang doyan travelling pastinya cocok pakai kamera ini karena cukup ringan. Hal ini karena komponen yang digunakan hanya sedikit, berbeda dengan kamera digital.

7. Melatih insting

Dengan kamera digital kamu dapat mengambil foto dalam kondisi apapun dan kapanpun. Sangat berbeda dengan kamera analog yang perlu hati-hati dalam mengambil gambar.