Kelebihan & Kekurangan Kamera Polaroid

Pasti semua udah tau ya kamera polaroid itu apa.. Dengan keunikan dan hasil retro vintage nya yang khas kamera ini ga pernah sepi peminat. Polaroid adalah merek dagang dari jenis kamera ini yang hasil fotonya diproses secara langsung di dalam badan kamera setelah pemotretan. Pertama kali diluncurkan sekitar tahun 1947 oleh Edwin Land. Nah pastinya Sobat KEE pingin tau apa aja sih kelebihan dari kamera ini?

1. Cocok untuk fotografer pemula

Kamera polaroid sangat berbeda dengan kamera DSLR yang banyak tombol pengaturan. Kamera ini sangat simpel dan mudah dimengerti untuk cara penggunaanya.

2. Mudah dan cepat

Mulai dari proses pemotretan hingga hasil foto keluar tidak sampai 5 menit. Prosesnya sangat cepat daripada kamera lainnya.

3. Ekslusif

Kamera ini hanya bisa mencetak 1 foto untuk setiap pemotretan sehingga hasil foto lebih berkesan, terutama untuk foto-foto yang memiliki kenangan tersendiri.

4. Desain yang unik

Desain dari kamera ini ada berbagai macam mulai dari bentuk dan warna yang berbeda-beda. Selain itu kamu juga bisa melengkapi dengan aksesoris yang ga kalah unik, seperti hardcase glow in the dark sampai tas kulit yang elegan. Selain itu, refill filmnya juga tersedia dalam berbagai macam design loh! Seru banget ya..

5. Cocok untuk outdoor

Kalau kamu suka kegiatan outdoor, kamera ini juga cocok banget. Malahan cahaya matahari dapat membantu hasil fotomu lebih maksimal.

Kekurangan kamera polaroid :

1. Ukuran foto terbatas

Ukuran fotonya tidak bisa disesuaikan besar kecilnya karena hasil fotonya akan langsung tercetak. Agak susah ketika kamu memerlukan hasil foto yang lebih besar atau lebih kecil.

2. Refill kertas foto

Karena isi refill foto yang bisa dimasukkan ke dalam kamera terbatas, maka kamu perlu membawa kemana-mana refill kertasnya. Kalau kamu kelupaan bawa refillnya kameramu jadi tidak bisa dipakai lagi sampai kamu isi lagi.

3. Harga kertas refill mahal

Yup! Harganya cukup mahal dibandingkan dengan foto-foto biasanya. Untuk harga 1 pak refill tanpa motif berkisar 100ribuan. Sedangkan untuk kertas yang ada motifnya sekitar 120rb an. Cukup mahal ya, sayang banget kalau sampai salah moto atau ga sengaja kepencet.

4. Settingan kamera

Pengaturan yang ada terbatas dan kamu tidak bisa mengatur fokus atau membuat hasil foto lebih terang.

5. Bekerja kurang baik pada kondisi low light

Jika kamu menggunakan pada kondisi minim cahaya, kamera ini bekerja tidak terlalu baik.