Kebiasaan Buruk Fotografer (Part 2)

7. Tidak mau bergabung dengan komunitas

Mungkin kamu salah dua di antara orang-orang yang males ikut komunitas. Perlu kamu ingat, komunitas fotografi adalah salah satu cara untuk meningkatkan skill fotomu. Kamu bisa saling sharing dengan teman-teman yang bisa membantu jika kamu ada kesulitan. Sekarang juga ada banyak komunitas online fotografi yang bisa kamu ikuti.

8. Terlalu fokus mengedit foto

Editing memang menyita banyak waktu. Tapi kalau fokusmu di fotografi jangan sampai kamu lebih fokus pada mengedit fotomu, akibatnya fotomu jadi terlihat tidak natural. Kecuali memang kamu fokus pada digital imaging yang lebih mengutamakan editing.

9. Pamer peralatan

Ga sedikit orang yang suka pamer dan gaya-gayaan dengan peralatan yang dimiliki. Beberapa orang bahkan suka menenteng lensa ring merahnya kemana-mana padahal dipakai aja jarang.

10. Tidak fokus pada satu jenis fotografi

Tidak salah jika kamu terus belajar jika ada ilmu baru. Tapi jangan sampai kamu kebablasan.. Ada orang-orang yang temannya suka foto model, ikut foto model, waktu foto makanan lagi tren, dia ikut foto makanan, dan seterusnya. Kalau kamu seperti ini, percayalah kamu akan menjadi tidak efektif. Akan lebih baik kalau kamu mengetahui minatmu dimana dan asah terus sampai kamu benar-benar mahir ngelontok luar dalam.

11. Tidak mau terima masukan

Kadang kala ga sedikit loh orang yang suka begini. Maunya cuma dipuji-puji, tapi begitu ada yang kasi masukan dan saran langsung membela diri habis-habisan. Siapa nih yang ngerasa suka gini…? Padahal masukan dan saran bukannya mau menjatuhkan kamu loh, justru bisa meningkatkan skillmu. Tapi minta pendapatnya dari orang yang benar-benar mengerti fotografi ya..

12. Jarang memotret

Hal ini yang menjadi faktor utama kenapa skill seorang fotografer tidak berkembang. Ada yang bilang kalau kamu bisa karena terbiasa. Hal tersebut juga berlaku dalam memotret. Gimana mau jago kalo kameranya kamu simpen rapet-rapet di dalam drybox terus..