Kebiasaan Buruk Fotografer (Part 1)

Biasanya kita suka ngerasa kog hasil foto kita biasa aja ya, dibanding orang lain kog ga ada apa-apanya.. Eits, ternyata kamu mungkin masih suka melakukan kebiasaan buruk ini Sobat KEE.. Yuk cari tau!

1. Suka iri dengan peralatan orang lain

Biasanya nih pada banyak yang suka sirik sama peralatan orang lain, kog bagus yaa kameranya pantesan fotonya bagus.. Buang jauh-jauh ya Sobat KEE pemikiran model gini! Tapi kalau peralatan orang lain buat kamu termotivasi dan kamu terus belajar meningkatkan skill kamu, mantabbb..!!

2. Menyalahkan kamera dan lensa

Yang kedua masih ga jauh-jauh dari yang pertama. Selain suka sirik sama orang lain, kamu suka menyalahkan peralatan yang kamu punya. Jelek nih fotonya soalnya kameranya standar sih.. Ya gimana ga jelek hasilnya kalo kamu foto malam hari langsung ditembak flash gitu aja..

3. Malas belajar hal baru

Kamu yang udah belajar fotografi dalam bertahun-tahun lalu mungkin suka ada perasaan udah cukup bisa, udah cukup jago yang membuat kamu jadi malas belajar hal-hal baru. Salah banget nih Sobat KEE! Karena fotografi akan selalu berkembang, dan akan ada ilmu-ilmu baru yang mungkin kamu belum tahu.

4. Males jalan mendekat

Boleh banget buat kamu yang suka mager buat punya lensa fix, alisa lensa yang zoom nya pakai kaki biar kamu ga males-malesan jalan. Kadang kalau pake lensa zoom, kamu cuma mengandalkan fitur zoom pada lensamu, ga mau bergerak maju. Padahal kalau kamu bergerak mungkin ada berbagai macam komposisi yang bisa kamu ambil. Tapi bukan berarti punya lensa zoom salah ya!

5. Punya pikiran hasil foto yang bagus pasti hasil editan

Biasanya nih kalo ada foto bagus, suka pada nanya, ini diedit pakai apa ya? Atau ihh pasti jago nih yang ngedit.. Hmm.. Emang semua foto yang bagus selalu hasil editan apa ya.. Ga juga lah Sobat KEE, foto kalo udah bagus dari awal ya bagus aja, tanpa diedit juga udah bagus. Bagus dalam artian penggunaan teknik, komposisi, pencahayaan dan faktor lainnya sudah oke. Dan biasanya foto yang sudah bagus diedit untuk memaksimalkan aja. Tapi kalau dari awal fotonya jelek, mau diedit gimanapun juga ya tetep jelek hasilnya ;p

6. Malas menguasai peralatan sendiri

Kebiasaan fotografer jaman now males baca buku manual. Hal paling simple kalau kamu mau jago memotret adalah baca buku manualmu, kuasai peralatan yang kamu punya.