Jenis Kontak Mata Saat Memotret

Ngomongin tentang kontak mata, ternyata dalam fotografi ada beberapa jenis loh. Jenis-jenis kontak mata ini ternyata memberikan hasil yang berbeda pada fotomu. Mungkin kita udah sering banget dan hal biasa buat kita semua. Tapi ga ada salahnya kita bahas biar lebih ngeh yaa.

1. Kontak mata langsung

Biasanya pada kontak mata langsung subjek melihat ke arah kamera dan sadar dirinya sedang difoto. Secara tidak langsung, ada hubungan yang terbuat antara orang yang difoto dengan orang yang melihat foto lewat ekspresi yang ditunjukkan orang tersebut. Bisa berupa senang, marah, sedih, kecewa.

Source : unsplash

2. Kontak mata di antara subjek

Jenis kontak mata yang ini biasanya menggambarkan hubungan antar subjek yang difoto dan tidak berkaitan dengan orang yang melihat foto. Kamu bisa menggunakan jenis kontak mata ini untuk menggambarkan suatu kondisi dan emosi, misalnya percintaan, atau kemarahan. Jenis kontak mata ini tidak hanya antara 2 orang tapi bisa juga seperti orang dengan hewan peliharaannya, atau orang yang sedang menyusun karangan bunga dengan perasaan senang.

Source : freestocks.org

3. Tanpa kontak mata

Foto ini dikenal dengan foto candid dimana subjek tidak melihat ke arah kamera dan hasil foto seperti diambil diam-diam. Hasil fotonya seperti ada sesuatu yang tidak diketahui yang menarik perhatian subjek. Tapi kamu juga bisa memasukkan ke dalam frame elemen yang menjelaskan kemana perhatian subjek. 

Source : Nguyen Nguyen