Jenis-Jenis Mikrofon Untuk Vlog

Dalam membuat video salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kualitas suara. Nah biasanya kualitas suara dipengaruhi oleh jenis mikrofon yang digunakan. Biasanya kamera yang memiliki fitur video dilengkapi dengan mikrofon built in di dalamnya. Tetapi kualitasnya masih kurang, masih banyak noise di luar yang ikut terekam. Kamu dapat membeli mikrofon eksternal untuk hasil suara yang lebih jernih. Ada beberapa jenis mikrofon, yuk kita bahas satu-satu…

1. Shotgun

Mikrofon jenis ini menerima sinyal suara hanya satu arah. Didukung dengan bentuk silinder, mikrofon ini dapat menangkap dengan baik suara yang diterima dari depan. Biasanya digunakan untuk pembuatan film dan para youtuber. Tetapi tidak semua mikrofon berbetuk silinder adalah jenis shotgun, yang perlu diperhatikan adalah polar patternnya.

Source : www.plazakamera.com

2. Lapel / Lavaliere

Mikrofon jenis ini biasanya digunakan oleh pembawa acara / presenter TV. Jenis mikrofon ini juga cocok untuk digunakan untuk vlog di luar ruangan karena jenis mikrofon ini dekat dengan mulut kita sehingga hanya merekam suara yang benar-benar keras dan dapat meminimalisir suara lainnya. Untuk jenis ini ada yang menggunakan kabel dan tanpa kabel (wireless). Kelebihannya yaitu ukurannya yang kecil sehingga praktis dan tidak mencolok.

3. Handheld

Mikrofon jenis ini adalah jenis yang umum dan biasanya digunakan oleh penyanyi atau orang pidato dan penggunaannya dapat dipegang langsung dengan tangan atau menggunakan standing mic. Kelebihan jenis ini adalah dapat merekam dengan baik suara terdekat, tetapi memberikan kesan kaku dan formal.

4. Mic condenser

Jika kamu penyanyi dan ingin merekam suaramu di dalam studio ala youtuber, jenis ini pas banget buat kamu karena mikrofon ini dapat mengubah suara akustik menjadi sinyal digital. Memiliki sensitifitas yang tinggi, dan sedikit noise, dan kemampuan merekam frekuensi paling komplit, ga heran mikrofon jenis ini merupakan andalan para youtuber.

5. Boompole / Fish pole

Jika mikrofon yang sudah kita bahas di atas untuk merekam jarak dekat dan middle, nah untuk merekam jarak jauh kamu dapat menggunakan bantuan alat ini. Kamu dapat menggunakan mikrofon shotgun atau handheld untuk bagian ujungnya. Kamu tidak perlu selalu memegang dengan tangan tetapi kamu dapat menahan dengan aksesoris atau menggantungnya di atas.