Jenis-Jenis Filter GND

Filter Graduated Neutral Density atau yang dikenal dengan filter GND mempunyai dua bagian berbeda, bagian gelap yang berguna untuk mengurangi cahaya dan transparan yang tidak mempengaruhi foto. Filter ini biasanya digunakan pada foto pemandangan seperti matahari terbenam yang biasanya jika menggunakan kamera saja tidak memungkinkan untuk menangkap detail secara keseluruhan. Biasanya jika kamu fokus pada langit, maka tanahnya menjadi gelap, demikian sebaliknya jika fokus pada tanah, langit menjadi over exposure yang ditandai dengan langit menjadi putih tanpa warna dan tanpa awan. Nah disini fungsi filter GND, kamu bisa mendapatkan detail pada keduanya.

Source : www.motoyuk.com

Ada beberapa jenis filter GND. Biasanya berbentuk segiempat dengan ukuran yang berbeda-beda. Biasanya bagian atas lebih gelap dan semakin ke bawah memudar sampai menjadi transparan.

Ada beberapa macam filter GND yang dibagi berdasarkan tingkat eksposure, tingkat gradual, pola gradual, ukuran, dan material.

Berdasarkan tingkat eksposure :

1. 0.3 : Bagian paling atas dapat mengurangi 1 stop eksposure (memiliki tingkat gelap paling tipis). Biasanya jenis ini jarang digunakan karena untuk perbedaan 1 stop masih bisa diatasi menggunakan pengaturan pada kamera.

2. 0.6 : Bagian paling atas mengurangi 2 stop eksposure. Jenis ini paling banyak digunakan karena dapat untuk berbagai macam foto.

3. 0.9 : Bagian paling atas mengurangi 3 stop eskposure. Jenis ini biasanya digunakan untuk kondisi yang cukup ekstrem seperti sunset.

4. 1.2 : Bagian paling atas mengurangi hingga 4 stop eskposure.

Berdasarkan tingkat gradual :

1. Soft-Edge : Batas gelap dan terang lebih halus

2. Hard-Edge : Batas gelap dan terang lebih tegas. Biasanya digunakan untuk pemotretan yang memiliki garis horizon seperti pada pantai.

Berdasarkan pola gradual :

1. Normal GND

2. Reverse GND : Filter ini merupakan kebalikan dari normal GND, gelap paling tebal pada bagian tengah dan semakin pudar ke atas. Biasanya digunakan untuk memotret horizon yang sangat terang seperti matahari terbenam, cahaya semakin terang ketika mendekati garis horizon.

3. Centre Spot GND : Bagian gelap berada pada bagian tengah dan membentuk lingkaran. Biasanya digunakan untuk mengatasi lensa yang vignette, tetapi sudah jarang digunakan karena dapat diatasi dengan proses pengeditan foto.

Source : https://kasefilters.com/

Berdasarkan ukuran :

1. P Series : Merupakan ukuran paling kecil (84x120mm). Jenis yang paling banyak digunakan untuk focal length 28mm (35mm) dan filter thread 77mm. Untuk ukuran di atasnya disarankan untuk menggunakan Z Series.

2. Z Series : Memiliki ukuran 100x150mm. Untuk lensa 26-35mm kamu dapat menggunakan filter ini serta memiliki filter thread 82mm. Jika bagian filter tidak menutupi lensa sepenuhnya maka akan ada bagian ujung filter yang masuk ke dalam gambar.

3. X Series : Memiliki ukuran 130x170mm. Biasanya dgunakan untuk medium format kamera.

Berdasarkan material :

1. Plastik : Harganya murah, tetapi kualitasnya kurang bagus dan tidak direkomendasikan.

2. Resin : Merupakan jenis yang paling banyak digunakan, dan harganya masi cukup terjangkau.

3. Kaca : Merupakan jenis yang paling premium tetapi dengan kualitas yang sangat baik. Tetapi kekurangannya mahal dan handlingnya lebih sulit.