Jenis-Jenis Film

Ada berbagai jenis film yang biasanya dikelompokkan berdasarkan cara berceritanya, fiksi atau non fiksi. Beberapa jenisnya :

1. Film dokumenter

Film ini adalah film yang mendokumentasikan kejadian nyata, non fiksi. Biasanya berhubungan dengan orang, tokoh, peristiwa atau lokasi yang benar-benar ada tanpa dibuat-buat. Topik yang diangkat biasanya mengangkat isu yang sedang terjadi saat ini, misalnya untuk memberikan berita, pengetahuan, pendidikan, sosial politik, atau biografi seseorang. Beberapa contoh film dokumenter :

a. Beasiswa Ala Bajo (Sulawesi Tenggara)

b. Dongeng Ajaib (Jakarta)

c. Justin Bieber: Never Say Never (AS, 2011)

d. This Is It (Kenny Ortega, AS, 2009)

Source : netflix.com

2. Film fiksi

Film ini biasanya lebih banyak penggemarnya dibandingkan dengan film dokumenter karena cerita yang dibangun biasanya dibuat semenarik mungkin. Film ini terdapat sebab akibat dari suatu kejadian, motivasi pemain utama, tokoh antagonis, protagonis, pengaturan kamera mendetail, dan sebagainya.

Film ini meskipun sudah diatur sebelumnya ternyata dalam proses pembuatannya cukup rumit. Banyak faktor yang memperngaruhi seperti cuaca, pemain yang berhalangan, kru yang kurang memadai.

Dalam proses pembuatannya biasanya terdapat 3 tahapan :

a. Pra produksi

Tahapan ini merupakan proses awal sebuah film, mulai dari proses kreatif, menulis script, membuat short list, menggambar story board, casting dan selanjutnya.

b. Produksi

Dimana kamu merealisasikan konsep yang sudah dibuat di awal. Proses ini meliputi pengambilan gambar dan suara dalam suatu adegan.

c. Pasca Produksi

Tahapan akhir dari pembuatan film seperti penambahan efek visual dan suara. kamu dapat memanipulasi gambar dan suara sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Source : idntimes.com

3. Film eksperimental

Jenis film ini susah dikategorikan termasuk dalam jenis film apa karena semuanya bisa ditabrak oleh film ini. Film ini juga tidak termasuk jenis fiksi atau non-fiksi, juga bukan termasuk kategori film dokumenter.

Beberapa contoh film eksperimental :

  1. Ritual in Transfigured Time (Maya Deren)
  2. The Dante Quartet (Stan Brakhage)
  3. Beach of Agnes (Agnes Verda)
  4. Perfect Human (Jorgen Leth)

Source : pinterest