Jenis Fotografi

Buat Sobat KEE yang baru mulai fotografi, mungkin bingung yah sama banyaknya jenis fotografi yang biasanya juga berpengaruh ke pilihan kamera, lensa dan peralatan lainnya. Bisa juga kamu punya minat lebih dari satu jenis lho.. Yuk kita jabarin satu-satu..

1. Nature

a. Landscape photography

Fotografi landscape biasanya menampilkan sudut pandang yang luas dengan objek alam yang kadang juga ada unsur buatan manusia seperti bendungan. Bisa terbagi menjadi beberapa kategori, laut, gunung, langit, awan, dsb.

Source : Pietro De Grandi@peter_mc_greats

b. Wildlife photography

Jenis fotografi ini biasanya mengambil foto hewan liar di habitat aslinya. Para fotografer harus memiliki keterampilan untuk mendekati hewan tanpa terdeteksi.

c. Macro photography

Fotografi ini biasanya mengambil detail dari jarak dekat suatu objek, misalnya seperti bunga, serangga, atau tetesan air. Jenis fotografi ini memperlihatkan dunia kecil yang tidak bisa diambil dengan jenis fotografi lainnya.

d. Astrophotography

Jenis fotografi ini mengambil objek luar angkasa yang biasanya diambil menggunakan lensa tele. Fotografer perlu menguasai teknik eksposure dalam pengambilan foto karena biasanya dalam kondisi gelap.

Source : Benedikt Jaletzke@benej98g

e. Underwater photography

Mengambil foto objek bawah laut yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tapi jenis fotografi ini memerlukan peralatan khusus yang tahan air.

2. Human interest

a. Street photography

Dikenal dengan foto jalanan yang menangkap foto kehidupan sehari-hari. Foto jenis ini biasanya memiliki makna dan tujuan.

Source : abi ismail@abiismail

b. Potrait photography

Fotografi potrait biasanya meggambarkan suasana hati, kepribadian, dan ekspresi seseorang atau sekelompok orang. Bisa fokus pada wajah, setengah badan atau seluruh badan.

c. Foto jurnalistik

Jenis fotografi ini mendokumentasikan suatu peristiwa yang sedang terjadi secara langsung. Harus jujur, dan tidak memihak, misalnya dari zona perang.

d. Wedding photography

Foto wedding mungkin cukup kompleks ya, karena mencakup hampir seluruh bidang fotografi, makro, potrait, jurnalistik, landscape.

e. Sport photography

Jenis fotografi ini sesuai namanya mendokumentasikan kegiatan olahraga. Fotografi ini lebih banyak fokus pada teknik dan gerakan dramatis.

Source : Razvan Chisu@nullplus

3. Fotografi buatan manusia

a. Foto arsitektur

Jenis foto ini menggambarkan estetika dari suatu bangunan, misalnya fotografi cityscapes.

b. Still life photography

Still life adalah jenis fotografi yang membuat benda mati terlihat hidup.

c. Food photography

Fotografi makanan tantangannya adalah gimana membuat makanan terlihat menggiurkan. Bisa menggunakan alat sederhana mislanya kamera hp.

Source : Whitney Wright@whitney_wright

4. Jenis foto lainnya

a. Foto fashion

Jenis fotografi ini menampilkan mode dan pakaian, tidak jarang menggunakan model.

b. Foto hitam putih

Fotografi yang memberikan daya tarik lewat warna-warna hitam, putih, dan abu.

c. Foto abstrak

Foto jenis ini biasanya cukup unik karena tidak ada aturan umumnya. Bisa saja hanya berupa garis, pola, bentuk, warna.

d. Foto konseptual

Jenis foto ini biasanya fotografer membuat suatu konsep untuk menyampaikan sesuatu melalui foto.

e. Foto konser

Foto konser termasuk dalam fotografi jurnalistik yang mendokumentasikan pertunjukan musik. Cukup menantang untuk para fotografer karena gelap dan lampu yang berubah dengan cepat dan banyak kerumunan orang.