Jenis Film Dokumenter

Sobat KEE udah pada tau ya apa itu film dokumenter seperti yang udah kita bahas kemarin.. Ternyata film dokumenter banyak jenisnya loh Sobat KEE.. Apa aja sih?1. Laporan perjalanan

Jenis film ini biasanya dikenal dengan travel film yang berupa laporan perjalanan seseorang dan merupakan dokumentasi antropolog dan dalam bidang etnografi. Film jenis ini banyak kamu temukan seperti misalnya jejak petualang, atau film tentang kisah seorang backpacker.

1. Sejarah

Film jenis ini bergantung pada data peristiwa yang terjadi sebenarnya. Sehingga film yang ditampilkan harus memiliki sumber yang akurat.

Source : bbc.com

2. Biografi

Film ini menceritakan tentang seorang tokoh yang dikenal. Biasanya bercerita tentang perjalanan hidup tokoh dari lahir sampai wafat dan biasanya lebih membahas sisi positif dari tokoh tersebut.

3. Nostalgia

Jenis film nostalgia mirip dengan film sejarah, perbedaannya terdapat pada alurnya. Nostalgia lebih menekankan pada kilas balik kejadian yang dialami seseorang.

4. Rekonstruksi

Film jenis ini biasanya menggambarkan ulang suatu kejadian secara lengkap. Tetapi lokasi, kostum, make up tidak harus sama persis dengan kejadian aslinya.

5. Investigasi

Film ini biasanya mengangkat suatu isu secara lebih detail seperti investigasi penggelapan uang, pembunuhan, atau kejadian lain yang membutuhkan penyelidikan secara mendalam.

6. Ilmu pengetahuan

Jenis film yang satu ini pasti udah pada tau lah ya.. Yap! Membahas tentang ilmu pengetahuan secara informatif. Nah ilmu pengetahuan terdiri dari film dokumenter sains atau film instruksional.

Source : https://www.nationalgeographic.org/