Jangan Pandang Sebelah Mata Lensa Kit!

Sobat KEE pastinya udah kenal banget sama jenis lensa yang satu ini. Biasanya lensa kit dijual sepaket dengan kamera dan kelebihannya biasa lebih hemat. Tapi kadang kamu mungkin suka tidak pede dengan lensa ini. Eitss.. Salah banget! Simak yuk apa aja kelebihan dari lensa ini terutama buat kamu yang memulai hobi fotografi..

1. Memiliki beberapa panjang focal klasik dalam 1 lensa.

Rata-rata lensa yang dijual untuk kamera DSLR berada pada 18-55mm. Nah dengan lensa tersebut, kamu dapat menggunakan 3 panjang focal klasik yaitu 28mm (wide), 35mm (medium wide), dan 50mm (normal). Selain itu ada juga pilihan lensa kit 18-135mm atau 18-105mm. Biasanya lensa kit tidak memiliki bukaan yang sangat kecil (paling besar pada angka f/3.5), tapi kamu dapat menggunakan focal length beberapa lensa prime dalam 1 lensa.

2. Kecil dan ringan

Contoh lensa kita yang paling banyak digunakan adalah lensa canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM yang memiliki panjang maksimal 6 cm dan berat 200g. Dibandingkan dengan lensa semi pro, Canon 17-55 f/2.8 IS USM memiliki berat 650g dan panjang maksimal 11 cm. Hampir 2 kali lebih panjang dan 3 kali lebih berat dari lensa kit sejenis. Hal ini sangat membantu kamu ketika travelling.

3. Filter lebih murah

Ukuran lensa kit relatif kecil sehingga ukuran filter yang digunakan juga kecil. Misalnya filter CPL Kenko Pro-1 untuk lensa kit (diameter 58mm) harganya tidak sampai 700ribu. Sedangkan untuk lensa pro dengan diameter 77mm harganya di atas 1 juta.

4. Minimum Focusing Distance yang bagus

Kamu pasti ga percaya, tapi lensa kit memiliki MFD yang lebih baik daripada lensa yang lebih mahal.

5. Hanya membeli yang kita butuhkan

Ketika baru memulai mungkin kamu masih bingung jenis fotografi mana yang paling kamu sukai. Dengan memakai lensa kit, kamu dapat memahami lebih dalam apa yang kamu sukai.

6. Murah belum tentu jelek

Lensa kit dijual murah bukan karena kualitas barangnya yang kurang bagus, tapi biasanya lensa kit diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak sehingga bisa menekan biaya produksi menjadi lebih murah. Sedangkan misalnya lensa Canon 600mm f/4 dijual sangat mahal, lebih dari 100 juta karena selain membutuhkan material dan detail lebih banyak, lensa tipe ini dibuat hanya dalam jumlah sedikit sehingga ongkos produksinya juga menjadi besar.

7. Menghemat biaya

Paket kamera dengan lensa kit pastinya lebih murah jika dibandingkan dengan kamu membeli body dan lensa secara terpisah. Kelebihan uang tersebut kamu dapat gunakan untuk membeli peralatan lainnya.