Istilah Dalam Pergerakan Kamera

Buat kamu yang hobi ngevlog, pastinya ga mau ya kalo hasil videomu bikin orang pusing atau terlihat asal-asalan karena pergerakan kamera ini cukup berpengaruh pada hasil videomu nanti. Kamu bisa membuat suasana dramatik atau suasana lainnya yang kamu inginkan melalui pergerakan kamera. Macam-macam pergerakan kamera :

1. Dolly

Dolly atau track adalah pergerakan mendekati dan menjauhi subjek dengan cara menggerakkan kamera yang ada pada dolly atau track. Biasanya pergerakan ini berfungsi untuk memperlihatkan emosional yang lebih jelas (mendekati subjek) dan memberikan kesan kecewa atau takut (menjauhi subjek).

Source : Youtube - TEAMSUPERTRAMP

2. Zoom

Zoom adalah pergerakan lensa mendekati dan menjauhi subjek secara optic dengan cara mengubah panjang focal lensa tanpa adanya perpindahan kamera, dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebih lebar, atau sebaliknya. Zoom in biasanya untuk memperjelas suatu subjek yang diambil, sedangkan zoom out biasanya untuk memberikan informasi keberadaan subjek tersebut atau kejadian lain yang tidak jauh dari subjek pertama.

Source : http://skarlethilliermediablog.blogspot.com

3. Crab

Crab atau crabbing adalah pergerakan kamera menyamping sejejar dengan subjek yang sedang berjalan atau berlari. Pergerakannya bisa ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kebutuhan, seperti pergerakan kepiting.

Source : http://skarlethilliermediablog.blogspot.com

4. Pan

Pan atau yang dikenal dengan panning adalah gerakan kamera seperti menoleh ke kiri dan kanan pada manusia. Pada gerakan ini kamera tetap tidak bergerak hanya mengikuti subjek yang bergerak. Biasanya pergerakan ini diawali dengan beberapa detik pada posisi diam dan diakhiri dengan posisi diam lagi selama beberapa detik untuk memaksimalkan efek panning.

Source : http://studiomaven.org/

5. Tilt

Tilt atau yang dikenal dengan tilting adalah pergerakan kamera secara vertikal dari atas ke bawah atau sebaliknya. Misalnya untuk adegan terpukau dengan dandanan seseorang kamu bisa mengambil gambar dari bawah kaki dan perlahan bergerak ke atas sampai ke muka. Biasanya pergerakan ini untuk memberikan efek dramatis pada suatu kejadian.

Source : https://sophiesmediatheory.wordpress.com/

6. Ped

Pedestal atau ped adalah pergerakan kamera yang dilakukan di atas pedestal, naik dan turun seperti pergerakan lift. Dengan pergerakan ini kamu bisa menghasilkan perubahan perspektif visual dari adegan.

Source : http://www.camerakings.co.uk/

7. Crane

Crane adalah pergerakan menggunakan kantrol naik dan turun. Pergerakannya lebih bebas tidak terbatas seperti track.

Source : hammercameracranes.com

8. Arc

Arc adalah pergerakan kamera dengan cara berputar ke kiri dan kanan yang biasanya dilakukan untuk melihat situasi atau kondisi lingkungan.

Source : https://www.researchgate.net/