Sobat KEE apa ada yang pernah denger jika ISO akan bekerja lebih baik ketika kamera dibekukan (dapat mengurangi noise pada hasil foto)?

Seperti yang kita tahu jika kamu menggunakan ISO tinggi, dapat membuat gambar menjadi noise. Tetapi biasanya kondisi tertentu membuat kamu diharuskan untuk menggunakan ISO tinggi. Tetapi ada banyak cara dalam mengatasinya selain menaikkan ISO, seperti menggunakan shutter speed rendah.

Sobat KEE tidak disarankan untuk mencoba eksperimen yang pernah dilakukan dimana menggunakan kamera Sony A350 yang disimpan di dalam freezer selama 15 menit, dan berikut hasil fotonya dengan ISO 3200.

Source : kelasfotografi.com

Banyak orang yang belum mengetahui hal ini, tetapi perubahan suhu drastis dari suhu rendah ke suhu tinggi pada kamera dapat menyebabkan munculnya jamur pada kamera. Sobat KEE pasti tidak mau kan..

Ada percobaan yang dilakukan oleh zodiaclight.com dengan mendinginkan kamera Canon 350D dan mengukur jumlah noise pada gambar. Didapatkan bahwa pendinginan sensor membuat noise pada foto berkurang sebanyak 40%. Temuan ini masih menjadi banyak perdebatan, tetapi yang pasti jangan coba-coba untuk membekukan kameramu ya Sobat KEE!