Infinity Fokus Pada Lensa

Apa sih infinity fokus? Seberapa penting yah fitur infinity fokus pada lensa? Wajib banget hukumnya buat Sobat KEE simak artikel ini yah!

Infinity fokus adalah fokus khusus pada lensa yang digunakan untuk membuat objek jarak jauh (dalam skala besar) menjadi fokus, seperti memotret pemandangan. Biasanya ketika kamu memotret bidang yang terdapat banyak objek di dalamnya kamu kesulitan untuk mendapatkan semua fokusnya. Berbeda dengan ketika kamu memotret hewan atau objek tunggal, kamu hanya perlu mengatur fokus pada objek tersebut.

Terutama pada malam hari, infinity fokus dapat membantu untuk memastikan objek yang kamu bidik dapat fokus dengan baik. Sesuai dengan namanya, infinity fokus, fokus tak terhingga, semua objek yang berada pada posisi jauh dari kamera akan menjadi fokus ketika kamu menggunakan fitur ini, tanpa perlu mengira-ngira lagi. Tetapi fitur ini tidak terdapat pada semua lensa, biasanya terdapat pada lensa wide yang berguna untuk memotret pemandangan.

Infinity fokus cara kerjanya berbeda pada lensa zoom parfocal dan varifocal dan hanya dapat digunakan pada mode manual fokus (MF).

1. Infinity fokus pada lensa zoom parfocal

Kamu cukup memutar ring fokus pada lensa secara manual sehingga garis tengah penunjuk menunjuk ke simbol infinity. Semua objek yang jauh akan mendapatkan fokus yang baik, meskipun kamu mengubah focal length lensa.

2. Infinity fokus pada lensa zoom varifocal

Kamu dapat menggunakan cara seperti di atas dengan menunjuk fokus di simbol infinity. Tetapi perbedaannya dengan lensa parfocal, kamu hanya dapat menggunakan fokus infinity pada focal length terpedek (atau focal length tertentu yang ditentukan oleh lensa). Jika kamu mengubah focal length pada lensa, maka kamu perlu menyesuaikan lagi fokusnya. Misalnya pada lensa Canon EF 28-105mm, kamu dapat menggunakan focal length 28mm agar infinity fokus dapat bekerja maksimal.

Beberapa fungsi infinity fokus adalah untuk memotret pemandangan, untuk memotret milky way, pertunjukan kembang api, dan memotret pada malam hari. Selain itu, dapat juga digunakan untuk memotret orang banyak yang lebih dari 1, misalnya foto keluarga.

Faktor jarak antara kamera dengan objek perlu kamu perhatikan karena setiap lensa mempunyai jarak infinity yang berbeda-beda. Misalnya pada lensa Canon 18-270mm, infinity fokus baru akan bekerja pada jarak minimal 1.5m. Jika di bawah 1.5m maka kamu harus mengatur fokus secara manual. Kamu dapat mencoba pada lensamu sendiri, karena tiap kamera berbeda-beda.