Ide Bisnis Dari Hobi Fotografi

Kamu pastinya mau donk dari hobi bisa menghasilkan uang, apalagi membuat bisnis dari hobi tersebut. Cek yuk untuk tau apa aja sih yang bisa kamu buat dengan hobi fotografi ini?

1. Wedding dan Prewedding Photography

Banyak fotografer yang mengawali karirnya dengan menjadi wedding fotografer, salah satu faktornya karena kebutuhan dan permintaan dari jasa foto ini selalu ada. Semua orang ingin mengabadikan momen penting dalam hidupnya dengan yang ahli di bidangnya.

2. Food Photography

Sudah terbukti kalau foto makanan yang bagus akan meningkatkan appetite seseorang sehingga banyak pengusaha makanan memerlukan jasa seorang food photographer. Diperlukan beberapa teknik khusus agar makanan yang disajikan terlihat lezat dan menggoda.

3. Foto Company Profile Perusahaan

Jenis fotografi ini merupakan salah satu yang menghasilkan, tapi kamu juga perlu memiliki portfolio yang bagus dan membuat mereka percaya dengan jasa yang kamu tawarkan. Kamu perlu membangun koneksi dengan orang-orang di sekitarmu siapa tau akan menjadi klien nantinya.

4. Foto Model Majalah

Jika kamu tertarik dengan dunia foto model, tekuni dan cari ilmu sebanyak-banyaknya karena di dunia ini kamu juga bisa menghasilkan pundi-pundi yang tidak sedikit. Siapa tau kamu bisa menjadi fotografer majalah fashion ternama atau dapat membangun bisnismu sendiri.

5. Foto Still Life Untuk Komersial

Biasanya jenis foto ini banyak digunakan untuk dunia periklanan, bisa di billboard, majalah, dan media lainnya. Objek yang difoto bervariasi tergantung dari kebutuhan, tidak terbatas pada makanan, tapi bisa juga botol, tas, atau mobil.

6. Jasa Photobooth

Jasa yang satu ini ga ada matinya Sobat KEE. Sama banyaknya peminatnya dengan foto wedding yang akan selalu ada. Banyak orang yang ingin mengabadikan momen pernikahan mereka berupa foto pada tempat yang sudah disediakan. Tidak hanya pada momen pernikahan, tapi juga bisa untuk acara lain yang diselenggarakan oleh perusahaan misalnya. Kamu perlu mempersiapkan berbagai peralatan seperti printer cetak foto, kamera, flash dan beberapa properti.

7. Jual Foto Online

Jika kamu hobi foto dan ingin memiliki pendapatan pasif, kamu bisa mencoba peluang ini, dengan menawarkan fotomu kepada orang yang membutuhkan. Banyak orang yang mencari foto untuk digunakan dalam web atau media promosi, mereka dapat membeli lisensi dari kamu untuk menggunakan foto tersebut dan bebas menggunakannya. Lebih baik kamu membaca dulu terms and condition yang diberikan oleh masing-masing situs jual foto tersebut, karena bisa jadi berbeda pada tiap situs. Kamu dapat menjual seperti di shutterstock.com atau 500px.com.

8. Buat Kursus Fotografi

Untuk kamu yang sudah mahir di bidang fotografi, kamu bisa mencoba untuk membuat kursus, tapi diperlukan skill untuk membagikan ilmu pada orang lain karena tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Banyak orang mungkin kurang paham dengan tutorial atau tips yang diberikan melalui video di internet dan memerlukan bimbingan langsung.

9. Membuat Tutorial Fotografi Online

Jika kamu ingin berbagi tapi masih merasa kurang pede dengan tampil langsung, kamu dapat mencoba untuk mengajar melalui tutorial online. Kamu dapat membuat video rekaman sendiri atau artikel, blog tentang fotografi dan membagikannya pada orang-orang yang berminat dengan membayar. Jika kamu ingin membagikannya secara gratis, kamu bisa mendapat keuntungan dari pemasangan iklan.

10. Jual Beli Peralatan Kamera Bekas

Jika kamu memiliki insting kuat dalam berdagang, kamu bisa mencoba usaha ini. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli peralatan kamera baru, atau memang ada juga orang yang mengincar barang bekas seperti lensa yang mungkin sudah tidak diproduksi lagi. Kamu bisa mendapatkan barang melalui teman, saudara atau bahkan barangmu sendiri yang mungkin sudah tidak terpakai. Salah satu keuntungannya adalah kamu menguasai penggunaan alat tersebut, sehingga dapat menjelaskan dengan mudah, selain itu kamu lebih jeli dalam mengetahui kondisi kamera atau lensa yang masih bagus. Tapi tentunya kamu dituntut untuk jujur pada calon pembeli, jangan menutupi kondisi barang yang sesungguhnya demi mendapatkan keuntungan lebih banyak karena hal ini juga dapat mempengaruhi reputasimu sendiri.