Harga Teman Bisa Bikin Bisnis Gulung Tikar?

Judulnya terkesan lebai yah dan melebih-lebihkan, tapi ga juga lho Sobat KEE.. Kita bahas yuk sama2. Biar sesama pekerja seni bisa dihargai dan menghargai diri sendiri juga.

1. Teman juga cari nafkah

Namanya teman, tapi kalian pasti sama-sama berusaha untuk mencari nafkah untuk hidup. Meskipun bidang yang dikerjakan berbeda-beda tapi tetap tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga, bahkan mungkin untuk karyawannya juga. Kalau misal diminta harga teman yang mana lebih murah dari harga biasanya, berarti dia harus menutupi kekurangan untuk kasi harga teman itu. Kebayang ga kalo misal ada 8 dari 10 temannya yang pada minta harga teman, bisa-bisa mereka gulung tikar abis itu..

Source : unsplash

2. Bayar harga standar

Namanya usaha pasti mau untung dan namanya teman yang baik pasti mau sama-sama untung, bukan cuma dirinya aja yang untung, tapi temannya juga untung. Bahkan kalo memang benar-benar teman, mau bayar harga lebih tinggi dari harga standar gapapa banget. Itung-itung bantu teman kalo memang kamu puas dengan apa yang kamu dapatkan, daripada nyusahin teman dengan minta harga teman. Selain itu juga bisa memberikan motivasi loh Sobat KEE untuk teman yang sedang berjuang mulai suatu usaha.

3. Menurunkan harga pasar

Nah kalo yang ini akibatnya bisa fatal banget loh.. Ga cuma membesar-besarkan tapi ada efek domino kalo pada beli dengan harga teman dan menyebar ke orang banyak, otomatis orang akan mengira harga standarnya memang segitu. Kasian banget kan jadinya, mau untung malah jadi buntung..

Source : unsplash

4. Menghargai kerja keras teman

Semua orang pasti berusaha keras untuk memulai suatu bisnis, dari belajar, cari tau sikon dan kondisi, meningkatkan skill, memikirkan konsep dan masi banyak hal lainnya. Meski mungkin orang lain ga melihat semua usaha di belakangnya, tapi percayalah namanya mulai usaha ga ada yang gampang, dan coba hargai usaha orang lain. Misalnya ada yang bandingin di sebelah ada yang lebih murah, yaudah ke sebelah aja kalo gitu..

Pelanggan adalah raja, tapi raja ga pernah nawar. Kadang bisa jadi tau loh mana yang bener-bener temen mana yang cuma temen ada maunya aja. Semangattt Sobat KEE!