Hal yang Mempengaruhi Reciprocal Rule

Reciprocal rule dapat membantu mengurangi blur pada kamera yang disebabkan guncangan. Namun hal tersebut juga dipengaruhi beberapa hal :


1. Teknik memegang kamera

Jika cara memegang kameramu cukup buruk sehingga mengakibatkan banyak guncangan, reciprocal rule sepertinya kurang maksimal, kamu perlu menggunakan shutter speed yang lebih cepat lagi. Khususnya untuk peralatan yang cukup besar dan berat, kamu perlu mempelajari cara memegang dengan baik.

2. Resolusi kamera

Pada era sekarang, resolusi kamera meningkat dan memiliki lebih banyak piksel. Namun resolusi yang leih tinggi, membuat intoleransi yang lebih banyak terhadap guncangan kamera jika dibandingkan dengan kamera beresolusi rendah. Jika kamu menggunakan kamera dengan resolusi tinggi, disarankan untuk menaikkan shutter speed lebih tinggi.

3. Ukuran dan jarak subjek

Jika kamu mau memotret objek yang kecil dengan jarak yang cukup jauh dan kamu ingin mendapatkan detail dari objek tersebut, maka kamu dapat menggunakan shutter speed yang lebih cepat dari reciprocal rule.

4. Stabilisasi gambar

Jika lensa atau pada kamera yang kamu gunakan terdapat fitur Image Stabilizer atau VR, dapat mengurangi guncangan pada kamera dengan menggerakkan sensor kamera. Fitur stabilisasi ini sangat bervariasi tergantung dari tipe dan merek lensa. Misalnya Nikon dan Canon mengklaim 2-4 kali potensi kompensasi pada lensa, sedangkan pada Olympus mengklaim hingga 5 kali kompensasi.

Angka tersebut dapat mengurangi cukup jauh dari angka yang direkomendasikan reciprocal rule. Pada lensa Nikon 80-400mm yang diklaim memiliki hingga 4 stop kompensasi, maka kamu dapat mengurangi shutter speed hingga 16 waktu. Misalnya jika kamu memotret dengan focal length 400mm, maka minimal kamu harus menggunakan shutter speed 1/400 detik, tetapi dengan fitur VR kamu dapat menggunakan shutter speed 1/25 detik dan hasilnya tajam, asalkan objek tidak bergerak dan kamu memegang kamera dengan sempurna.