Fungsi dan Cara Memakai Filter CPL

Filter CPL atau Circular Polarizer adalah filter yang berguna untuk meningkatkan kontras warna pada sebuah foto pemandangan. Tetapi kamu juga harus tau kapan waktunya memakai dan kapan waktunya tidak pakai.

Fungsi filter CPL :

1. Membuat warna lebih kontras dan saturated.

Filter ini dapat membantu proses saturasi saat mengedit foto. Selain itu refleksi bayangan objek yang diambil dapat dihilangkan sehingga foto nampak lebih jelas dan detail. Misalnya dapat digunakan untuk foto langit yang berawan, dengan filter ini akan menjadi lebih dramatis dan pada foto dedaunan, akan terlihat lebih hijau.

Fungsi Filter CPL

2. Menghilangkan pantulan benda non-metalik

Filter ini banyak digunakan untuk memotret danau dengan air yang jernih dengan memperlihatkan bagian dasarnya. Foto ini sulit karena biasanya permukaan air menampilkan bayangan langit. Kamu dapat menggunakan filter CPL untuk menghilangkan atau mengurangi bayangan langit.

Cara menggunakan filter CPL :

  1. Pasang pada bagian depan lensa, putar perlahan. Setelah filter terpasang dengan baik, kamu dapat lengsung menggunakannya.
  2. Pada jenis lensa ekonomis, kamu dapat melakukan autofokus terlebih dahulu karena biasanya lensa depan pada lensa ekonomis akan ikut berputar ketika autofokus djalankan.
  3. Menggunakan ketika matahari berada di sebelah kanan dan kiri. Kamu dapat menghilangkan hasil refleksi pada sebelah kanan dan kirimu dengan sudut 90 derajat dari arah matahari. Sedangkan untuk menghilangkan refleksi maksimal, kamu dapat melakukan pada sudut 45 derajat dari permukaan.