Fotografi Portrait 101

Fotografi portrait adalah jenis fotografi yang paling banyak dilakukan oleh para fotografer. Fokus dari fotografi ini adalah wajah seseorang. Ini tidak berarti fotografer cukup memotret bagian wajah yang bersangkutan saja lalu selesai, tetapi fotografi portrait berusaha menangkap sisi artistik dari karakter wajah seseorang yang disertai dengan kemunculan rasa pada foto yang diambil. Sehingga, foto yang direkam tampak hidup dan bercerita seperti halnya sebuah karya sastra. Yuk simak tips-tips nya!

1. Memotret subjek di lingkungannya
Beberapa orang memang tidak seharusnya ada di studio. Mereka dapat merasa canggung dan hal tersebut akan nampak jelas di kamera.

2. Jangan takut untuk mengambil foto dari ketinggian/angle yang berbeda
Misalnya pada anak-anak atau bayi, jangan pernah mengambil dengan ketinggian normal orang dewasa. Turun dan ambil gambar dari levelnya yaitu puncak kepala mereka.

3. Jangan menggunakan flash pada kamera.
Jika flash dinyalakan makan dapat membuat model merasa tidak nyaman seperti berkunang-kunang. Bayangkan jika model harus mengalaminya berkali-kalii karena tidak mungkin foto hanya dilakukan sekali take. 

4. Pertimbangkan untuk memberi ruang pada subjek untuk dilihat.
Tempatkan subjek di satu sisi lalu minta mereka melihat ke sisi lain bingkai (bukan kamera), ini akan membuat subjek lebih nyaman dan terlihat natural.