Foto Paling Berpengaruh Sepanjang Masa (Part 1)

Setiap hari ada ribuan foto yang dihasilkan di seluruh dunia, baik fotografer profesional maupun pemula. Dari begitu banyak foto, majalah Time merilis 100 foto yang paling berpenagruh sepanjang masa, dan ini adalah 10 foto teratas :

1. The Terror of War oleh Nick Ut tahun 1972.

Source : 100photos.time.com/Nick Ut

Foto ini merekam momen anak-anak melarikan diri termasuk Kim Phuc yang berusia 9 tahun dalam kondisi telanjang melarikan diri dari serangan bom Napalm saat perang Vietnam. Foto ini diambil oleh Nick Ut.

2. Starving Child And Vulture oleh Kevin Carter tahun 1993.

Source : 100photos.time.com/Kevin Carter

Foto ini diambil oleh Kevin Carter, salah satu fotografer yang mengabadikan era apartheid di Afrika Selatan. Tahun 1993 Kevin terbang ke Sudan untuk memotret kondisi kelaparan yang terjadi disana. Ia melihat seorang anak kecil kelaparan yang sedang merintih dan di belakangnya ada burung pemakan bangkai yang sedang mengawasi anak tersebut. Pemandangan yang sangat menyedihkan.

3. The Burning Monk oleh Malcolm Browne tahun 1963.

Source : 100photos.time.com/Malcom Browne

Foto ini diambil oleh Malcolm Browne yang mengabadikan seorang biksu yang membakar dirinya sendiri di sebuah persimpangan jalan Saigon pada 11 Juni 1963. Aksi tersebut merupakan bentuk protes menentang penganiayaan kaum Budha oleh pemerintah Katolik Roma Vietnam Selatan.

4. Lunch Atop A Skyscraper, 1932.

Source : 100photos.time.com/Unknown

Foto ini menunjukkan makan siang yang paling berbahaya dan lucu. 11 orang duduk dengan santai ngobrol seperti duduk di warung. Padahal mereka duduk di ketinggian 840 kaki di atas kota Manhattan. Dan uniknya, foto tersebut sampai sekarang tidak diketahui pemotretnya.

5. Falling Man oleh Richard Drew tahun 2001.

Source : 100photos.time.com/Richard Drew

Tragedi WTC yang terjadi 11 September 2001 saat menara kembar ditabrak oleh dua pesawat jet, dan gedung tersebut langsung ambruk. Richard Drew berhasil mengambil momen lainnya. Ia bisa memotret momen orang yang sedang jatuh dr ketinggian.