Foto BW di Kamera Atau Komputer?

Di jaman yang semakin maju ini, produsen kamera berlomba-lomba untuk menambahkan berbagai macam fitur pada kamera sehingga tidak perlu masuk ke dalam komputer, tapi bisa langsung mendapatkan efek yang diinginkan di kamera, misalnya seperti cropping gambar, filter, dan termasuk mode black and white (BW) atau sephia.

Nah banyak pertanyaan lebih baik membuat foto BW di kamera langsung atau menggunakan software editing di komputer ya? Sebenarnya bebas, tapi lebih disarankan untuk mengedit di komputer karena dengan menggunakan pengaturan BW pada kamera berarti kamu kehilangan warna alami dari foto. Sedangkan kalau Sobat KEE memotret dengan mode berwarna, kamu masih dapat mengkonversi menjadi mode BW dan tetap menyimpan versi berwarnanya.

Ada berbagai pendapat yang mengatakan perlu waktu yang cukup lama untuk mengedit foto tersebut menjadi mode BW. Pendapat tersebut tidak 100% benar, karena di jaman sekarang sudah banyak berbagai macam software yang bisa digunakan untuk mengedit bahkan dalam sekali klik saja. Selain itu juga terdapat fitur-fitur editing pendukung lainnya seperti sharpening, leveling, dan sebagainya.