Foreground Dalam Fotografi

Setelah kemarin bahas background, sekarang kita bahas foreground ya. Kebanyakan dari kita biasanya lebih memperhatikan background dan lupa dengan foreground, padahal kalau dikomposisikan dengan bagus, foreground bisa membuat foto kita mantul banget loh hasilnya. Tapi penting juga, jangan sampai foreground malah mengganggu objek utamamu ya.

Cara penggunaan foreground yang akan tricky bisa kamu coba dengan cara rule of third, bisa diletakkan pada 1/3 di bagian bawah foto.

Source : https://mainurr.wordpress.com/

Beberapa contoh foreground yang bisa kamu coba :

1. Foreground bokeh

Bokeh yang biasanya digunakan untuk background ini bisa juga loh kamu gunakan untuk foreground, hasilnya juga ga kalah apik. Kamu bisa menggunakan benda berkilau yang ada di sekitar, misalnya gelang manik-manik, plastik, atau lampu hias.

Photo by : Neil van Niekerk

2. Foreground yang membingkai objek

Jenis foreground yang satu ini selain memperindah foto dengan memberikan bingkai, juga mmebuat mata tertuju ke objek utama. Bingkai bisa dibuat lebih gelap atau lebih terang tergantung dari konsep fotomu. Kamu bisa menggunakan jendela, pintu, bingkai, dan lain-lain.

Photo by : Mainur Risyada

3. Foreground mengintip

Jenis foreground yang satu ini mirip dengan bingkai, bedanya objek pada jenis ini terlihat lebih kecil. Bayanginnya kaya lagi ngintipin orang aja. Kamu bisa menggunakan lubang kunci, celah pintu jendela, atau celah pada objek lainnya.

Photo by : Mainur Risyada

4. Foreground yang mengubah perspektif

Jenis foreground yang satu ini biasanya menarik banget yah karena ga cuma pakai teknik foto foreground tapi juga ada konsep dan kreatifitas yang digunakan.

Photo by : Meghan Vu