Extension Tube Pada Fotografi

Buat kamu yang baru menekuni dunia fotografi mungkin masih awam dengan istilah extension tube. Ternyata alat ini banyak digunakan untuk fotografi makro. Jadi kamu tidak harus memiliki lensa makro untuk mendapatkan efek pada lensa makro.

Source : https://www.diykamera.com/kegunaan-extension-tube

Ada beberapa kegunaan dari extension tube yang wajib kamu ketahui :

1. Memperpanjang jarak kamera dan lensa.

Alat ini berguna untuk membuat jarak lensa ke objek bertambah dekat sehingga lensa dapat fokus dengan jarak yang lebih besar sehingga dapat memotret benda-benda kecil yang disertai dengan pembesaran(zoom). Extension tube hanya berupa ring yang tidak memiliki elemen optic pada bagian dalamnya sehingga tidak mempengaruhi kualitas hasil foto.

2. Membuat lensa biasa menjadi makro

Extension tube dapat memberikan efek perbesaran yang terdapat pada lensa makro. Ada beberapa pilihan extension tube dengan panjang focal length berbeda-beda, misalnya jika kita menggunakan extension tube 25mm pada lensa 50mm, maka kita mendapatkan perbesaran 0.65x. Penggunaan extension tube akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan lensa focal length pendek hingga sedang.

Extension tube adalah salah satu asesoris pada fotografi, tetapi untuk kamu yang hobi foto makro, jika kamu belum memiliki lensa makro dapat menggunakan alat ini sebagai penggantinya karena jika jarak fokus minimum lensa tidak mendukung, maka sedekat apapun lensa dengan objek tidak akan mendapatkan fokus yang bagus.

Selamat mencoba Sobat KEE!