DIY Membuat Lensa Makro

Selain menggunakan extension tube, kamu juga dapat membuat sendiri lensa makromu loh Sobat KEE! Kamu hanya perlu siapin bahan :

  • Tabung kardus
  • Body cap (penutup kamera pada bagian depan, lubang tempat lensa)
  • Solasi (tape)

Cara membuatnya :

1. Buat dudukan tabung

Pertama kamu perlu membuat drat pada tabung agar dapat disambungkan ke kamera. Potong body cap yang sudah tidak terpakai, lubangi bagian tengahnya dengan bor listrik sesuai dengan ukuran karton tabung.

Source : https://kelasfotografi.com

2. Gabungkan tabung dengan cap

Setelah membuat lubang pada cap, pasang tabung ke cap. Jika ukurannya sedikit longgar, kamu dapat menggunakan solasi untuk mengikat tabung dan cap agar tabung tidak goyang dan lepas. 

3. Potong dan lapisi tabung

Ukuran panjang tabung yang disarankan adalah 15 cm, tapi dapat disesuaikan dengan lensa kameramu. Selain itu, kamu dapat melapisi bagian dalam tabung dengan kertas hitam pada bagian dalam agar cahaya dari luar tidak masuk ke dalam.

4. Sambungkan tabung ke lensa

Hubungkan tabung dengan bagian depan lensa menghadap ke tabung, gunakan solasi untuk mengikat tabung dan lensa. Jika terdapat tuas untuk mengatur aperture pada bagian belakang lensa, kamu dapat mengatur pada bukaan terlebar dan gunakan solasi untuk menahannya.

5. Tes untuk mengambil gambar

Setelah semuanya terpasang, kamu dapat mencoba mengambil gambar dengan mode manual. Tetapi karena lensa tidak langsung tersambung dengan body kamera, kamu tidak dapat mengatur aperture, dan fitur pada kamera seperti auto focus dan image stabilisation.