DIY Foto Minyak dan Air (Part 1)

Ada ide baru lagi nih Sobat KEE buat kerjaan di rumah, kamu juga bisa bereksperimen. Foto minyak? Emang bisa jadi bagus? Eitsss.. Yuk cek tipsnya di bawah ini..

1. Siapkan peralatan yang diperlukan

Perlatan yang digunakan tidak terlalu banyak dan cukup simpel :

  • Mangkuk kaca yang cukup besar dan dalam sekitar 20cm. Semakin besar mengkukmu, semakin besar area fotomu dan semakin banyak gelembung yang bisa kamu ambil.
  • Beberapa gambar seperti kertas kado, poster yang cerah dan berwarna warni
  • Tripod
  • Minyak dan air
  • Sabun cuci cair (optional)
  • Flash (optional)

Source : https://adaptalux.com/

2. Gambar latar yang cerah dan berwarna dapat menambah estetik pada foto

Kamu bisa menggunakan latar apapun untuk membuat fotomu lebih menarik. Semakin cerah dan terang akan semakin baik. Kertas kado dengan berbagai motif dan gambar akan membuat fotomu lebih menarik.

Study in Oil and Water' by Elize Heymans, Canon EOS 70D, 100mm, 1/500sec at f/5.6, ISO 100

3. Atur tempat fotomu sepewe mungkin

Karena kamu akan mengambil beberapa gambar dengan waktu yang cukup lama kamu perlu memastikan posisi dan settingan tempatmu cukup pewe untuk berlama-lama disana.

Tempatkan kertas background mu di bawah mangkuk kaca, isi mangkuk dengan air. Disarankan untuk mengisi air sampai hampir penuh karena bisa mememberikan jarak yang cukup antara permukaan air dengan background. Lalu tuangkan minyak ke dalam air. Banyaknya minyak tergantung keinginan masing-masing. Sebaiknya masukkan sedikit dulu, kalau kurang kamu bisa menambahkan lagi. Sedangkan kalo terlalu banyak kamu tidak bisa menguranginya. Semakin banyak minyak, semakin penuh hasil foto yang kamu dapatkan.

'Oily 2' by Dan Power, Canon EOS 5D Mark III, 105mm, 1/250sec at f/2.8, ISO 100

4. Perlu diingat banyaknya air sangat mempengaruhi hasil akhir

Mengapa? Jika kamu hanya menuang sedikit air ke dalam mangkuk, maka tekstur mangkukmu akan terlihat pada foto, seperti goresan-goresan atau logo merek pada mangkuk dan detail-detail lainnya yang ada pada mangkukmu. Tetapi kembali lagi pada preferensi masing-masing. Kalau kamu mau hasil fotomu bersih dari noda-noda tersebut, sebaiknya kamu menggunakan banyak air.

'Oil and Water' by Alan Ranger, Sony A700, 100mm, 1/200sec at f/7.1, ISO 200

5. Tambahkan sabun cuci cair

Dengan menambahkan sabun cuci cair kamu bisa membuat gelembung minyak terlihat lebih mencolok. Masukkan sabun cuci cair setelah kamu memasukkan air ke mangkuk, baru setelah itu masukkan minyak.

Selain itu, sabun cuci juga dapat memberikan efek gelembung terlihat lebih tebal dan seperti 3 dimensi. Perbedaan kalau tidak menggunakan sabun cuci cair, gelembungmu akan terlihat lebih flat.

'Bubbling Over,' by Dianne Kaye G, Canon EOS 5D Mark II, 65mm, 1/200sec at f/16, ISO 100