Daftar Kode Eror Pada Kamera Canon (Part 2)

 

8. Err 20

Masalah : Terdapat kerusakan pada bagian mekanik kamera seperti mirror, shutter atau mekanisme aperture. Biasanya tanda kerusakannya seperti mirror yang tidak membalik, shutter tidak bisa mengambil gambar, aperture tidak bekerja.

Solusi : Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, coba nyalakan kembali kameramu. Jika masih belum bisa, lebih baik dibawa ke tempat servis kamera yang berpengalaman.

9. Err 22

Masalah : Data gambar tidak dapat ditulis di memory card. Bisa disebabkan karena pemasangan memory card yang kurang pas, atau memory card rusak.

Solusi : Cek memory card apakah pemasangannya sudah pas dan tepat, atau kamu bisa melakukan format pada memory card dengan PC atau mencoba memory card ke kamera lain.

10. Err 23

Masalah : Memory card penuh, tidak ada lagi ruang untuk menyimpan data gambar.

Solusi : Hapus beberapa foto dan video yang kurang penting, atau kamu dapat memindahkan data tersebut kek komputer atau hard disk.

11. Err 30

Masalah : Shutter tidak berfungsi dengan baik

Solusi : Penangannya seperti Err 20, matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, coba nyalakan kembali kameramu. Tetapi jika masih belum bisa, lebih baik dibawa ke tempat servis kamera yang berpengalaman.

Source : http://doyanmotomoto.blogspot.com

12. Err 40

Masalah : Kerusakan pada baterai atau daya baterai lemah

Solusi : Ganti baterai atau isi baterai sampai penuh.

13. Err 50

Masalah : Kerusakan pada katrol elektronik

Solusi : Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, coba nyalakan kembali kameramu. Jika masih belum bisa, lebih baik dibawa ke tempat servis kamera yang berpengalaman.

14. Err 60

Masalah : Kamera tidak dapat menggunakan shutter, kemungkinan ada sesuatu yang mengganjal

Solusi : Periksa apakah ada yang mengganjal pada lensa, matikan kamera, dan nyalakan lagi.

15. Err 70

Masalah : Terjadi kerusakan saat kamera mengambil / menulis data ke memory card. Kemungkinan bisa terdapat masalah pada memory card atau bisa lebih parah pada mainboard kamera.

Solusi : Periksa slot memori pada kamera, pastikan tidak ada kerusakan. Selanjutnya format kartu memori dengan bantuan PC, atau gunakan kartu memori lain yang sejenis.

Source : www.plazakamera.com

16. Err 80

Masalah : Muncul jika shutter kamera belum siap untuk membidik ketika mendeteksi proses urutan rana belum selesai sepenuhnya, seperti pada mode slow speed / bulb.

Solusi : Coba matikan dan nyalakan lagi kamera atau lepas dan pasang kembali baterai.