Cara Merawat Sensor Kamera

Sensor kamera itu sering menjadi perhatian utama para fotografer karena merupakan "jantung" dari setiap kamera dan hasil-hasil akhir akan sangat bergantung kepada kualitas dari sensor. Nah hal apa aja nih sob yang harus selalu diperhatikan untuk merawat dan menjaga keawetan dari sensor kamera?

1. Aktifkan Sensor Cleaning
Kamera modern yang sebagian besar sobat KEE pakai pasti sudah mempunyai fitur ini dimana fitur ini berfungsi untuk mencegah nempelnya debu-debu halus atau partikel yang dapat menyebabkan jamuran di kemudian hari. Cara kerja sensor cleaning di kamera pun sederhana, ada yang memakai gelombang yang kasat mata namun dapat menjauhkan partikel dari sensor sampai dengan tiupan angin halus agar partikel ataupun debu tidak menempel di sensor.

2. JANGAN PERNAH MENIUP SENSOR !!!  Nah loh...
Sederhana sih, yah ditiup aja pasti hilang debunya, sobat KEE mana nih disini yang pernah melakukan hal ini? Sederhana kan, tapi ternyata hembusan dari mulut kita mengandung kelembapan udara yang PASTINYA akan menempel di sensor kesayangan sob dan pencetus awal mulanya jamur di sensor.

JANGAN JANGAN JANGAN II!  Ingat ya ini sob!

3. HINDARI memegang sensor dengan jari!
Gregetan kan pastinya lihat ada debu atau partikel nempel dan ingin menghilangkan dengan sentuhan jari ataupun kuku?
Jari manusia memiliki partikel keringat yang sangat kecil dan ketika bersentuhan dengan sensor yang bisa menyebabkan awal mula jamur, apalagi dengan kuku, dimana sehalus apapun sentuhan sob, sensor itu sangat sensitif dan baret dalam ukuran mikro pasti terjadi.