Cara Menyimpan Kamera dan Lensa Dengan Baik

Indonesia merupakan daerah tropis yang kelambapannya cukup tinggi. Maka itu, untuk penyimpanan kamera dan lensa harus kamu perhatikan agar tidak terkena jamur akibat kondisi yang lembap. Selain itu, udara yang lembap dan secara terus menerus dapat merusak komponen elektronis dan sensor kamera dan timbulnya jamur pada bagian optik. Untuk membersihkan jamur pada bagian dalam diperlukan biaya yang tidak sedikit loh Sobat KEE bisa mencapai 250-750 ribu.

Source : https://www.diykamera.com/cara-membersihkan-lensa-kamera-dari-jamur

Tetapi, udara yang sangat kering juga tidak baik untuk tempat penyimpanan kamera karena dapat mengganggu fungsi mekanis pada kamera.

Jadi berapa sih angka kelembapan yang ideal? Angka yang ideal berkisar 40-50 % RH (Relative humidity, kelembapan ideal). Cara yang paling mudah adalah dengan mengecek pada buku manual pada kameramu.

Cara penyimpanan yang disarankan :

1. Beli dry cabinet / dry box

Dry cabinet adalah lemari khusus untuk menyimpan barang elektronik. Kamu dapat menyetel angka kelembapan dalam ruang penyimpanan sesuai dengan yang diinginkan. Harganya berkisar 1 juta rupiah.

2. Menggunakan kotak kedap udara dan silica gel

Untuk versi murahnya kamu bisa menggunakan kotak kedap udara dan masukkan silica gel ke dalamnya. Kamu juga dapat membeli silica gel yang ada indikator warna untuk mengetahui kandungan airnya, dna kamu dapat mencolokkan ke listrik untuk mengeringkan kembali.

Source : http://belfot.com/tips-menyimpan-kamera-lensa-kelembapan/

 

3. Disarankan untuk tidak membeli kotak penyimpanan yang dilengkapi dengan elemen pemanas karena elemen pemanas dapat menjadi terlalu panas dan dapat merusak sensor kamera.