Cara Menghindari Moire Pattern

Sudah pada tau kan ya apa itu moire pattern.. Nah biasanya kalau udah ada moire di foto susah untuk dihilangkan, tapi waktu memotret kamu bisa menghindarinya. Yuk kita simak caranya..

1. Periksa foto saat memotret subjek dengan pola yang rapat

Saat memotret subjek dengan motif dan pola berulang yang rapat, sebaiknya kamu langsung cek foto saat itu juga, zoom LCD kamera sampai 100% dan cek apakah ada moire pada fotomu. Kalau kamu menemukan moire, maka kamu perlu melakukan beberapa hal ini :

a. Ubah jarak atau panjang fokal

Kamu dapat menghindarinya dengan mengubah jarak sensor ke subjek foto. Kamu bisa berpindah tempat atau bisa menggunakan zoom in atau zoom out. Dengan mengubah jarak subjek foto, maka kamu bisa mengurangi tingkat detail pola yang bisa mengakibatkan terjadinya moire.

b.  Ubah fokus ke arah lain

Kamu bisa mencoba untuk memindahkan titik fokus ke area lain pada foto.

c. Ganti angle

Dengan mengganti sudut atau angle pemotretan, kadang bisa menghilangkan efek moire. Coba berbagai macam sudut sampai kamu mendapatkan apa yang kamu mau.

d. Persempit bukaan lensa

Dengan menggunakan bukaan lensa yang smepit kamu bisa mengurangi moire. Disarankan untuk menggunakan f/11-f/16.

e. Editing

Setelah kamu melakukan berbagai macam cara di atas, tapi tetap muncul moire, maka langkah terakhir adalah dengan editing menggunakan lightroom atau photoshop.