Cara Menggunakan Dutch Angle

 

Dutch angle bisa digunakan di berbagai macam kondisi untuk tujuan yang berbeda-beda. Dutch angle bisa dibilang lebih ke teknik daripada aturan komposisi. Caranya sangat gampang, kamu tinggal memiringkan kameramu. Tetapi hasilnya bisa jadi bagus atau jelek ;)

Dalam membuat Dutch angle, harus terlihat seperti disengaja, kalau terlalu halus malah dikira ga sengaja miring lagi.. Gunakan Dutch angle dengan niat tertentu supaya tidak terlihat sebagai suatu kesalahan. Dengan Dutch angle kamu bisa memberikan kesan takut, mabok, pergolakan, atau situasi yang kurang enak.

Source : https://erickimphotography.com/

Kamu juga bisa mengkombinasikan Dutch angle dengan berbagai macam komposisi, misalnya leading lines. Dengan garis atau lingkaran yang menuntun mata menuju ke subjek utama, bisa banget dikombinasikan dengan Dutch angle yang menghasilkan foto lebih menarik. Jangan takut kalau garis horizon mu tidak lurus, selama komposisimu mendukung kemiringannya, tidak akan terlihat seperti sebuah kesalahan.

Manfaatnya apa aja sih?

1. Memasukkan objek lebih banyak ke dalam frame

Kalau kamu berada pada tempat yang sempit, kamu bisa mencoba cara ini. Coba dengan kemiringan 45 sampai 90 derajat sehingga semua subjekmu dapat masuk ke dalam frame. Biasanya para fotografer akan men zoom out lensa mereka, atau mundur ke belakang. Coba deh cara yang satu ini, hasilnya bisa jadi lebih menarik.

Source : https://expertphotography.com/

2. Memberikan alternatif perspektif

Ketika memotret subjek yang biasa atau sesuatu yang banyak dipotret oleh orang lain, kamu bisa mencoba cara ini. membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, tantangan banget pastinya ya. Hasilnya pasti akan lebih diingat oleh orang dibandingkan dengan foto dengan angle yang biasa.

Source : https://expertphotography.com/

Pada foto di atas, fotografer ingin mengambil bayangan bangunan pada kolam. Bisa diambil dengan cara Ducth angle untuk mendapatkan bangunan dan bayangannya sekaligus.

Menggunakan Ducth angle tidak ada yang salah dan benar. Kamu bisa bebas berkreasi sesukamu, dan terus mencoba adalah kuncinya. Gunakan feeling dan tentukan kira-kira kamu suka ga dengan hasil fotonya.

Source : https://expertphotography.com/

Penting untuk diingat adalah buat Ducth angle sehingga terlihat bukan suatu kesalahan, tapi disengaja. Maka ambil foto dengan niat dan tujuan, maka hasil fotomu akan terlihat semakin kuat.