Cara Mempertajam Foto Dengan Program

Kadang setelah sesi foto selesai waktu cek di komputer ternyata hasilnya ada beberapa foto yang kurang tajam. Mau foto ulang ga mungkin, tapi kalo ga hasil fotonya kurang tajam. Nah kamu bisa banget cobain beberapa tips di bawah ini untuk mempertajam fotomu:

1. Unsharp mask

Buat kamu yang sering menggunakan photoshop, pasti tidak familiar dengan tools yang satu ini, yap unsharp mask banyak digunakan untuk mengedit foto. Dengan menggunakan 3 macam faktor, kamu dapat mengubahnya sesuai dengan yang diinginkan.

  • Amount : Mengacu pada intensitas ketajaman
  • Radius : Jarak penajaman yang ada di sekitar pixel
  • Threshold : Ketajaman mulai terjadi pada dua titik yang berbeda dengan kecerahan.

Source : Youtube - Tiffany Fuller

2. Smart sharpen

Selain unsharp mask, kamu juga bisa menggunakan smart sharpen. Kamu bisa memilih dari beberapa pilihan yang ada mana yang paling tepat untuk mempertajam fotomu.

Biasanya proses sharpening pada foto dilakukan terakhir setelah semua selesai seperti membersihkan gambar, menyesuaikan warna, dll.

Source : Youtube - Richard Curtis

3. Lightroom

Lightroom merupakan salah satu program yang cukup banyak digunakan untuk mengedit foto. Pada fitur sharpen terdapat 4 bagian yaitu amount, radius, detail, dan masking. Kamu bisa menekan tombol “alt” dan fotomu berubah menjadi hitam putih. Geser ke kanan dan kiri untuk melihat perubahan pada fotomu. Biasanya saat amount dinaikkan, foto akan menjadi lebih noise.

Source : https://www.naturettl.com/