Cara Memotret Makanan Melayang

 

Burger melayang, salad melayang, bikin penasaran banget yah gimana sih cara fotonya? Nah kali ini kita akan diajari oleh Om Karl Taylor, pastinya keren banget hasil-hasil fotonya. Yuk disimak!

Photo by : Karl Taylor

Nah yang kita mau pelajari caranya adalah cara membuat foto teh melayang seperti di atas.

Membuat makanan melayang tentunya perlu effort lebih dari biasanya karena banyak hal yang mempengaruhi, dari segi komposisi, posisi peletakan, sampai lighting. Ada beberapa tahap yang biasanya digunakan, pre-visualisasi, persiapan, pencahayaan, dan pemotretan.

1. Pre-visualisasi

Tahapan ini merupakan tahapan yang terpenting karena kamu bisa merencanakan semuanya, mulai dari komposisi sampai pencahayaan. Selain itu, kamu juga bisa mengira-ngira tantangan apa yang akan kamu hadapi dan gimana cara menyelesaikannya.

Pada foto di atas, Karl ingin hasil foto dengan teh yang meledak keluar dari cangkir dengan tuangan susu di bagian atas. Nah perlu dipikirkan gimana caranya supaya bisa didapatkan efek teh meledak dimana saat yang bersamaan ada susu yang dituang ke dalam cangkir. Karl berpikir untuk menggunakan beberapa foto yang digabungkan. Dengan membuat sketsa simpel, akan membantu kamu lebih jelas untuk hasil akhir foto yang diinginkan.

Source : https://www.karltayloreducation.com/

2. Persiapan

Setelah mengetahui tantangan apa saja yang ada, kamu perlu mempersiapkan solusinya. Persiapan yang dilakukan mulai dari memodifikasi cangkir agar uap panas dan teh yang terbang bisa tertangkap dengan baik, sampai mencoba tekanan udara untuk melontarkan teh. Diperlukan pemikiran yang kreatif dan out of the box untuk berhasil melewati tantangan yang ada.

Source : https://www.karltayloreducation.com/
Mempersiapkan cangkir (kiri) ; mengatur letak objek (kanan)

3. Pencahayaan

Pencahayaan yang digunakan cukup simpel, menggunakan 3 cahaya dengan 2 softbox pada kanan dan kiri, dan satu lampu dari atas. Cahaya yang diinginkan pada hasil foto adalah cahaya yang lembut tapi bisa memberikan kesan 3 dimensi. Kamu bisa bereksperimen dengan jarak dan sudut pengambilan masing-masing objek terhadap cahaya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Source : https://www.karltayloreducation.com/

4. Pemotretan

Setelah pencahayaan pas, Karl memulai dengan mengambil foto uap panas dengan menggunakan ceret dan mengambil beberapa gambar sampai didapatkan beberapa pilihan yang cukup baik. Setelah itu, mengambil foto susu yang dituang ke cangkir.

Untuk foto ledakan teh memerlukan beberapa kali pengambilan sampai didapatkan hasil terbaik. Perlu dipastikan agar tidak terdapat motion blur pada hasil foto. Kamu bisa menggunakan shutter speed cepat untuk mendapatkan foto yang bagus.

Source : https://www.karltayloreducation.com/