Cara Memotret Gelas Kaca

Siapa yang suka bingung waktu motret gelas? Kalau dikasi langsung cahayanya di gelas, nanti gelasnya ga terlihat kaya gelas.. Gimana donk ya…? Nah tenang, kali ini mimin dapat tips dari fotografer Jay P Morgan. Yuk disimak!

Kamu bisa memberikan karton putih pada bagian belakang gelas. Jika kamu memberi potongan kecil, maka cahayanya akan lebih gelap, semakin lebar karton putih yang kamu gunakan, garis bayangan pada gelas semakin kecil. Kamu dapat berkreasi dengan penggunaan karton ini sesuai dengan hasil yang kamu inginkan.

Bayangan terlihat lebih pudar (kiri) ; Bayangan terlihat lebih keras (kanan)

Selanjutnya akan membahas mengenai beberapa macam pengaturan yang akan digunakan.

1. Lampu LED Narrow Beam

Kamu dapat menggunakan jenis lampu ini dan menaruhnya di bagian belakang. Cukup dengan lampu kecil untuk mendapatkan bayangan gelas di bagian belakang.

2. Akrilik Plexiglass

Kamu dapat menggunakan plexiglass agar cahaya melewati akrilik tersebut. Proses ini tidak memantulkan cahaya, tapi kamu langsung memotret di cahaya. Plexiglass dapat membuat cahaya yang dihasilkan lebih lembut.

Tanpa menggunakan akrilik (kiri) ; Menggunakan skrilik (kanan)

3. Gunakan Softbox

Cara yang satu ini sangat mudah, kamu dapat menggunakan softbox pada bagian belakang gelas secara horizontal. Jangan menempatkan cahaya terlalu tinggi. Dengan adanya bayangan dapat memberikan bentuk pada gelas.