Cara Memilih Flash

Buat kamu yang ingin membeli flash, pas banget. Yuk kita bahas gimana cara memilih flash kamera :

1. Pilih produk yang mempunyai intensitas cahaya dengan cakupan luas

Yang terpenting dalam flash adalah intensitas cahayanya. Jika intensitas cahaya kecil, maka cahaya tidak smapai ke objek dan hasil foto menjadi gelap. Intensitas cahaya ini tergantung pada guide number pada tiap flash. Disarankan untuk memilih flash dengan guide number 40 ke atas yang dapat menghasilkan ISO minimal 100, yang biasanya digunakan untuk memotret acara besar seperti pernikahan.

Source : digitalphotopro.com

2. Pilih produk yang mudah diatur

On-flash pada kamera biasanya dirancang untuk mengenai objek yang berhadapan langsung dengan flash, tetapi foto yang dihasilkan kurang bagus karena cahayanya terlalu kuat.

Kamu dapat menggunakan teknik bounce flash yaitu memantulkan cahaya flash ke tembok sehingga lebih lembut. Flash eksternal pada kamera memiliki sistem pengaturan khusus sehingga kamu dapat mengatur sesuai dengan kebutuhan dan dapat diarahkan ke segala arah.

3. Pilih produk yang memiliki fungsi kontrol cahaya otomatis

Biasanya flash pada kamera smartphone atau pada built-in flash dapat menyesuaikan besarnya cahaya sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Pilih produk flash yang dapat mengatur secara otomatis sehingga kamu tidak perlu mengatur lagi setiap berganti tempat.