Cara Membersihkan Filter Kamera

Sobat KEE pasti udah ga awam dengan yang namanya filter. Yup! Benda satu ini mempunyai pengaruh yang cukup besar loh terhadap hasil foto. Makanya penting untuk kamu tau gimana caranya bersihin filter yang benar supaya tahan lama.

1. Jika filtermu berbentuk bulat seperti filter UV, CPL, dan filter ND, kamu dapat membersihkannya seperti membersihkan lensa kamera. Tetapi jangan pakai air ya karena air dapat masuk ke permukaan optik pada filter sehingga jika sampai masuk, kamu harus membongkar filter untuk dibersihkan. Malah jadi runyam ya, apalagi kalau kamu tidak ahli dalam membongkar pasang kamera.

2. Kamu dapat menggunakan kain micro fiber atau lens clearer yang disemprotkan pada kain lembut dan usapkan pada bagian filter. Kamu dapat menggunakan lens clearer jika ada noda membandel.

3.Lain halnya untuk filter GND, untuk membersihkannya kamu dapat mengalirkan air pada permukaan filter dan diangin - anginkan kemudian lap menggunakan micro fiber kering. Dilarang menggunakan sabun untuk membersihkan filter jenis ini karena dapat menyebabkan kerusakan.

4. Pastikan filter benar-benar kering pada semua bagian dan tidak ada debu yang menempel.

5. Hati-hati dalam membersihkan terutama proses pengelapan pada filter agar tidak mengalami kerusakan.