Cahaya Natural Atau Artificial?

Pencahayaan adalah salah satu faktor penting dalam fotografi. Biasanya ada 2 kubu untuk jenis pencahayaan ini, kubu cahaya natural dan cahaya artificial alias cahaya buatan. Tapi pemilihan dalam penggunaan cahaya tidak semata-mata berdasarkan jenis cahaya mana yang lebih disukai tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan dan tema foto yang ingin dihasilkan dimana kedua cahaya ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Cahaya natural

Cahaya ini lebih praktis digunakan tanpa perlu ada peralatan tambahan lainnya, dan yang terpenting gratis. Dengan menggunakan cahaya natural di dalam jendela atau di bawah pohon, kamu dapat menciptakan bayangan yang artsy. Tetapi kekurangan dari cahaya ini tidak dapat kamu gunakan secara terus menerus. Waktu terbaik menggunakan cahaya matahari adalah pagi hari sebelum jam 10 dan setengah 3 sore sampai sebelum senja. Dan kadang kala penggunaan cahaya natural bisa memberikan kesan flat pada foto.

2. Cahaya Artificial

Pencahayaan ini berbeda dengan cahaya natural, kamu dapat menggunakan cahaya ini kapanpun. Selain itu, kamu dapat menciptakan berbagai macam kesan seperti dramatis, natural, dan sebagainya. Kamu juga dapat membuat objek fotomu lebih berdimensi dengan penataan cahaya yang tepat. Tetapi sayangnya jenis cahaya ini tidak gratis, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk berbagai macam lampu, perlu mempelajari tekniknya dan settingan lampu yang cukup memakan waktu.

Kedua cahaya ini sama-sama bisa menghasilkan foto yang keren, tinggal disesuaikan dengan tema dan kenyamanan penggunaannya. Jika kamu menginginkan hasil yang natural, disarankan untuk menggunakan cahaya natural. Jika kamu menginginkan hasil yang dramatis, glamour, disarankan untuk menggunakan cahaya artificial.