Buat Kamu yang Mau Coba Kreatif

Kamera semakin kesini makin canggih ya, fiturnya juga makin lengkap. Tapi di balik semua kenyamanan yang diberikan, ga jarang kita jadi males dan terlalu mengandalkan fitur. Ga heran kalo hasil jepretan kita gitu-gitu aja, dan banyak imajinasi kita akhirnya terbentur karena fitur dan fungsi kamera.

Nah kali ini kita mau bahas cara lebih kreatif tanpa terbatas fitur kamera yang kamu punya dengan cara kasi batasan pada fitur-fiturnya. Gimana caranya?

1. Batasi panjang fokus

Dengan kata lain, batasi penggunaan zoom. Gunakan lensa seperti menggunakan lensa fix, atau kalo kamu punya lensa fix boleh dicoba, misalnya motret di 35mm atau 50mm aja. Kalo kamu menggunakan lensa zoom, kamu bisa menempel lakban pada kameramu supaya zoom tidak bisa dipakai. Kalo kamu lupa mau pake zoom, sudah aman karena kamu harus buka lakban dulu untuk bisa pakai zoomnya. Jangan lupa gunakan lakban yang paling sedikit meninggalkan bekas, seperti lakban kertas.

 

Source : https://snapshot.canon-asia.com/

2. Buat frame tanpa view finder dan live view

Kita terbiasa saat mengambil satu frame, kita akan melhatnya di view finder atau LCD live view. Kamu bisa mencoba mengambil sebuah frame tanpa melihat di keduanya. Diperlukan sensitifitas yang tinggi untuk bisa mendapatkan frame seperti yang dilihat oleh lensa kamera. Hal ini akan melatih kreatifitasmu dalam melihat sesuatu, mendapatkan perspektif baru. Kadang ga terpikirkan untuk mengambil dari sudut tertentu hanya karena sudut tersebut tidak kita lihat di view finder atau live view kamera kita.

Source : https://snapshot.canon-asia.com/

Biasanya orang memotret menara Tokyo sambil melihat ke atas, tapi foto ini diambil dari sudut yang berbeda, dari tanah sehingga komposisinya berbeda.

3. Jepret tanpa coba-coba dulu

Di era kamera film, kita tidak bisa melihat hasil foto sampai roll film dicetak. Pastinya kita akan memikirkan betul-betul sebelum menekan tombol shutter apakah cahaya dan komposisinya sudah pas. Di jaman sekarang kamu bisa dengan mudah memencet tombol shutter kalo kurang pas, digeser-geser lagi dikit. Dengan membatasi hal tersebut, kamu akan melatih kepekaanmu dan lebih hati-hati sebelum mengambil sebuah foto.

Kamu bisa mematikan fitur tinjauan gambar di bagian setting kamera atau menutupi layar LCD mu.