Benda Sederhana yang Membantu Dalam Pemotretan

1. Payung

Benda ini dapat membantu kamu dalam melakukan pemotretan yang cahayanya berlebihan. Fungsi payung untuk memblokir cahaya yang berlebih sehingga menghasilkan kontras yang rendah.

EOS 5D Mark IV/ EF100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM/ FL: 124mm/ Aperture-priority AE (f/11, 1/125 det., EV±0)/ ISO 100/ WB: Daylight, Foto oleh Toshiki Nakanishi
Source : https://snapshot.canon-asia.com

Pada gambar di atas dapat dilihat cara untuk menggunakan payung. Kamu dapat mengatur komposisi dan posisi gambar terlebih dahulu, baru menaruh payung di depan kamera dan memencet tombol shutter. Untuk memberikan efek sinar cahaya yang mengalir ke bawah, jauhkan matahari dari frame sejauh mungkin agar hanya terlihat sinarnya saja.

2. Kain hitam

Kain ini dapat kamu gunakan dalam pemotretan kembang api. Jika saat memotret kembang api kamu menggunakan pencahayaan lama, maka bentuk kembang api biasanya tidak tertangkap kamera. Kamu dapat mencoba teknik ini, yaitu dengan menutup bukaan lensa dengan kain dan kamu hanya menangkap pencahayaan yang diinginkan saja.

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L IS USM / FL: 24mm/ Manual exposure (f/22, 12 det.)/ ISO 50/ WB: 3.000K,
Foto oleh Gensaku Izumiya

Kamu dapat menggunakan kain hitam seperti di gambar. Dengan jendela shutter tetap terbuka, dan kamu ingin memotret bentuk kembang api yang sedang diluncurkan, kamu bisa membuka kain. Jika sudah, kamu dapat menutup kain kembali. Begitu seterusnya. Tapi perlu diingat untuk membuka kain dengan sangat hati-hati agar kamera tidak goyang dan hasilnya blur.

 

Selamat mencoba!