Beberapa Macam Teknik Pengambilan Gambar

Teknik pengambilan gambar adalah teknik untuk memilih luas area pada frame foto. Beberapa macamnya teknik pengambilan gambar :

1. Extreme Long Shot

Teknik ini mencakup area yang sangat luas dan memasukkan objek-objek di sekitar subjek utama. Biasanya subjek utama terlihat agak kecil. Penting untuk kamu dapat mencari komposisi yang pas untuk menyatukan subjek utama dengan kondisi sekitarnya sehingga terlihat sebagai satu kesatuan. Teknik ini banyak digunakan untuk foto prewedding dengan memperlihatkan pemandangan di sekitarnya.

2. Long Shot

Teknik ini menggunakan area yang memperlihatkan seluruh tubuh subjek tanpa terpotong frame. Teknik ini fokus pada subjek dengan segala ekspresi dan kegiatannya tanpa ada bagian tubuh yang terpotong.

3. Medium Long Shot

Teknik ini hampir mirip dengan long shot tetapi batas pengambilan gambar biasanya mulai lutut hingga kepala. Ruang yang diambil lebih sempit dari teknik long shot. 

4. Medium Shot

Teknik ini lebih sempit lagi dari medium long shot. Pengambilan gambar dimulai dari sekitar pinggang sampai kepala. Biasanya digunakan untuk menonjolkan lebih detail bahasa tubuh dan ekspresi subjek.

5. Close up

Teknik ini biasanya diambil mulai bagian bawah bahu sampai kepala. Teknik ini untuk memperlihatkan detail ekspresi dan mimik seseorang. Biasanya digunakan untuk memotret ekspresi seseorang misalnya juga memperlihatkan kerutan wajah pada subjek agar terlihat dramatis. 

6. Big Close up

Teknik ini memotret mulai dari leher sampai atas kepala. Tujuannya sama dengan teknik close up tapi lebih memperlihatkan detail ekspresi dan mimik wajah seseorang.

7. Extreme Close up

Teknik ini biasanya hanya fokus pada satu bagian tertentu, misalnya mata, hidung, atau bibir. Teknik foto ini banyak digunakan untuk gambar katalog seperti produk kosmetik.