Beberapa Cacat yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Lensa Bekas (Part 2)

Nah kemarin kita sudah tau apa aja cacat pada lensa yang tidak berpengaruh pada hasil foto, yuk kita bahas apa aja yang berpengaruh ke hasil foto…

1. Fog

Fog adalah kondisi dimana di bagian optik lensa seperti ada kabutnya. Kalau kondisi seperti ini sudah tidak bisa dibersihkan lagi, hanya bisa dengan di slab (gosok habis). Namun jika elemen optik lensa digosok habis bisa pecah dan lapisan coating hilang. Disarankan untuk tidak membeli lensa dengan fog, kecuali kamu mau mengambil parts dari lensa tersebut.

2. Jamur

Jamur biasanya terlihat seperti akar, jika masi sedikit biasanya tidak berpengaruh pada hasil foto. Kamu perlu untuk menaruhnya di dry box agar jamur tidak bertambah dan menyebar.

Tetapi jika jamur sudah banyak, kamu dapat membersihkannya agar tidak terbentuk kerak atau yang lebih parah menjadi fog. Biasanya ketika dibersihkan ada bekasnya seperti halo pada tempat tertentu yang disebut cleaning mark. Namun jika tidak ada cleaning mark, biasanya lapisan coating pada lensa terangkat. Pada tipe lensa Nikon mudah untuk dibersihkan kecuali lensa tipe E series. Disarankan untuk tidak membeli lensa bekas Nikon E series yang sudah berjamur.

Source : https://insidecam17.blogspot.com

3. Scratch pada optik lensa

Goresan pada optik lensa jika hanya sedikit tidak berpengaruh pada hasil foto, tapi jika sudah parah maka akan terlihat di hasil fotomu. Biasanya jika letak goresan pada bagian depan lensa baik di tengah maupun pinggir tidak masalah, tapi jika pada bagian optik belakang lensa itu akan berpengaruh pada hasil fotomu. Disarankan untuk tidak membeli lensa dengan sratch parah pada bagian optik belakang lensa.

4. Coating

Coating adalah lapisan tipis berwarna pada elemen optik lensa yang berfungsi untuk mengurangi flare dan membantu memotret saat backlight.

Meskipun lapisan coating habis, hasil foto akan tetap tajam. Kadang kala bila kita lihat dari samping warna coating tidak rata dan ada yang hilang, kondisi ini masih tidak masalah dan wajar. Tetapi beda untuk lensa dengan coating nano, jika coating hilang, dapat berpengaruh pada hasil foto. Maka jika mau membeli lensa dengan coating nano kamu harus pastikan coatingan pada lensa masih mulus.