Bagian-Bagian Kamera DSLR

Untuk kamu yang mau mempelajari lebih dalam tentang fotografi pastinya kamu harus mengetahui semua bagin-bagian kamera kamu donk! Biasanya sebagian besar memiliki komponen yang sama hanya mungkin ada perbedaan posisi tombol antara merek satu dengan lainnya.

Apa aja sih bagian-bagiannya ?

1. Bodi kamera

Merupakan pusat dari semua bagian DSLR. Di dalamnya terdapat elemen yang paling penting yaitu cermin refleks dan sensor kamera. Pada bagian samping, ada grip untuk memegang kamera, serta ada uliran untuk memasangkan kamera dengan tripod.

2. Lensa

Lensa merupakan salah satu komponen terpenting dalam fotografi. Lensa dapat memepengaruhi hasil foto kamu. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang sebelum memilih lensa dan dirawat dengan baik.

3. Tombol shutter

Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan rana pada kamera. Biasanya desain kamera sudah disesuaikan agar tombol shutter ini berada pada jari telunjuk sehingga memudahkan dalam mengambil foto.

4. View finder

View finder digunakan untuk melihat objek yang akan dibidik. Pada beberapa kamera view finder mulai digantikan dengan LCD. Ada alat untuk mengatur fokus untuk kamu yang memiliki mata minus atau plus.

5. Layar LCD

Layar LCD berfungsi untuk menampilkan sistem pengaturan pada kamera seperti shutter speed, ISO, diafragma, white balance, dan pengaturan lainnya. Selain itu kamu jga dapat melihat hasil foto kamu disini.

6. Baterai

Baterai kamera merupakan salah satu elemen yang penting. Untuk kamu yang aktif memotret disarankan untuk mempunyai baterai cadangan. Pada saat menyimpan kamera sebaiknya baterai dikeluarkan dari tempatnya.

7. Tombol on/off

Tombol on/off umunya berada pada bagian atas kamera yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan kamera.

8. Mode dial

Bagian ini berfungsi untuk mengatur mode pada kamera. Kamu dapat memilih mode yang mau digunakan sesuai dengan kebutuhan, misalnya mode manual (M), auto (A atau P), night mode, close up, atau panorama. Pengaturan ini memudahkan kamu dalam mendapatkan hasil sesuai dengan kondisi.

9. Main dial

Tombol ini berfungsi untuk mengatur diafragma dan eksposure. Bentuknya bergerigi dan terlihat hanya separuh.

10. Tombol pelepas lensa

Fungsi tombol ini untuk melepas lensa dari bodi kamera. Kamu wajib banget untuk menekan tombol ini waktu mau melepas kamera karena jika tidak akan merusak lensa dan bodi kamera kamu, juga sistem elektronis lensa bisa ikutan rusak.

11. Tombol menu

Ketika kamu menekan tombol menu, kamu dapat memilih pengaturan kamera yang diinginkan.

12. Built-in flash

Semua kamera DSLR dilengkapi dengan built-in flash. Kamu dapat mengaktifkannya dengan memencet tombol di bagian atas depan bodi.