Auto dan Manual Fokus Pada Kamera

Sobat KEE, fokus pada kamera ada 2 jenis, yaitu auto fokus dan manual fokus. Apa sih perbedaan keduanya?

1. Auto Fokus

Auto fokus (AF) adalah mode pada kamera digital yang digunakan untuk menentukan fokus pada objek secara otomatis. Namun di sisi lain auto fokus tidak berfungsi dengan baik pada kondisi kurang cahaya. Berdasarkan kegunaannya AF Mode dapat dibagi menjadi :

A. Mode Single Area (AF-S / One Shot AF)

Pada single AF ini kamu bisa menentukan lokasi fokus yang diinginkan pada objek tidak bergerak dengan memindahkan titik fokus kemudian menekan tombol shutter setengah. Mode ini cocok untuk mengambil gambar objek diam seperti landscape dan potrait photography.

Source : Unsplash

B. Mode Continuous (AF-C / AI Servo)

Pada mode ini fotografer cukup sekali menentukan objek fotonya dan fokus dengan menekan tombol shutter setengah, selanjutnya cukup mengarahkan kamera agar tetap otomatis mengikuti gerakan dari objek foto. Mode ini sangat cocok untuk memotret objek yang bergerak seperti human interest.

Source : Unsplash

C. Mode Hybrid (AF-A / AI Focus)

Mode ini merupakan campuran antara mode single dan continuous. Biasanya mode ini digunakan untuk objek yang pergerakannya tidak menentu dan tidak dapat diprediksi. Pada mode ini, fokus kamera akan langsung berubah secara otomatis antara mode one shot AF dan mode Al Servo AF, disesuaikan dengan kondisi objek.

Source : Unsplash

2. Manual Fokus

Manual fokus (MF) adalah mode pada kamera digital yang digunakan untuk menentukan fokus pada objek secara manual. Berbeda dengan auto fokus disini fotografer lah yang berperan penting. Skill dan teknik yang sesuai sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Biasanya mode ini banyak digunakan untuk memotret landscape dan makro.


Yuk ketahui kenapa sih kamu sebaiknya menggunakan manual fokus?

A. Dapat memotret pada kontras yang rendah

Mungkin kamu pernah mengalami kameramu susah fokus pada kondisi cahaya yang terang, atau warna yang mirip pada objek dan background. Coba pakai mode manual supaya kamu bisa mengatur fokusnya.
Source : https://review.bukalapak.com/gadget/5-alasan-memotret-menggunakan-fokus-manual-31813

B. Memudahkan fotografi makro

Untuk fotografi makro biasanya bermain dengan depth of field. Ketika depth of fieldnya dangkal, biasanya lensa akan sulit fokus. Nah kamu dapat menggunakan mode manual untuk membantumu mendapatkan fokus yang kamu inginkan.

C. Memainkan fokus di antara objek

Jika kamu mau memotret objek yang terhalang sesuatu di depannya, auto fokus akan keslitan mendapatkan fokus misalnya mau memotret hewan yang ada di balik jeruji kebun binatang. Kadang auto fokus bisa bingung menentukan fokusnya karena jeruji tersebut, maka kamu bisa menggunakan mode manual.
Source : Unsplash

D. Memotret tanpa suara

Kadang kala suara pergeseran lensa dan suara “bip” saat lensa telah mendapatkan fokus dapat mengganggu. Maka, dengan mode manual kamu bisa memotret tanpa harus mengeluarkan suara.

Nah sekarang sudah tau ya Sobat KEE perbedaan manual dan auto fokus. Giliran kamu mencoba, semangat yah!