Aturan Ganjil dan Aturan Simetri Pada Foto

Ada yang pernah dengar aturan ganjil dan aturan simetri? Yuk kita bahas lebih lengkap

1. Aturan ganjil

Aturan ganjil adalah komposisi gambar dengan objek berjumlah ganjil pada bagian latar depan, misalnya 3 dan 5.

Kamu dapat menggunakan komposisi ini karena biasanya mata manusia cenderung melihat ke arah pusat suatu kumpulan. Biasanya komposisi ganjl memiliki satu pusat yang membuat mata orang yang melihat foto langsung tertuju dan terfokus pada titik tersebut.

Kamu dapat membuat berbagai macam komposisi objek sehingga terlihat lebih menarik misalnya bersebelahan atau dalam formasi segitiga.

Source : https://snapshot.canon-asia.com

2. Aturan simetri

Aturan simetri dimana salah satu sisi gambar sama dengan sisi yang lainnya. Kamu dapat menempatkan objek tersebut pada bagian tengah sehingga menjadi titik fokus utama pada sebuah foto dan orang yang melihat langsung tertuju kesana. Simetri dapat membuat suatu komposisi yang menarik karena dapat menambah harmoni dan keseimbangan pada suatu foto.

Ada 2 cara menggunakan komposisi ini dalam fotomu, pertama garis simetri dari atas ke bawah dan membuat sisi kiri dan kanan sama besar seperti arsitektur, pintu, jalan dan pepohonan. Kedua kamu dapat menemukan garis horizontal seperti pada pantulan suatu gedung atau bangunan di air.