Apakah Megapixel Besar Pasti Menghasilkan Foto yang Bagus?

Tren saat ini adalah semua orang berlomba-lomba untuk memiliki kamera dengan megapiksel yang besar. Tapi apa dengan megapiksel yang lebih besar hasil fotomu juga menjadi lebih bagus?

Semua kamera, DSLR, pocket, bahkan kamera HP memiliki yang namanya sensor kamera yang fungsi utamanya adalah mengkonversi cahaya yang ditangkap menjadi data digital yang kemudian kita lihat sebagai foto. Sensor kamera berbeda-beda, sensor pada HP merupakan sensor yang paling kecil, dan ukuran sensor (luas permukaan sensor) juga bervariasi ada yang 1/1.2 inch, 1/1.7 inch juga 1 inch.

Biasanya pada kamera DSLR sensor terbagi menjadi 2 yaitu APSC (Advance Photo System Classic) dan full frame. Ukuran sensor APSC 22 x 15 mm dan 50 x 39mm untuk sensor full frame. Tapi ukuran tersebut tidak selalu sama, tergantung dari masing-masing produsen. Nah sensor tersebut yang mempengaruhi kualitas gambar. Maka tidak heran jika ada HP 16 megapiksel, tetapi kualitas gambarnya kalah dengan kamera DSLR 12 megapiksel.

Megapiksel menunjukkan seberapa besar foto saat dicetak nantinya, misal 8 megapiksel memiliki ukuran cetak 28x20 cm (11 x 8 inch). Biasanya kamera dengan megapiksel besar digunakan untuk foto billboard di jalan-jalan.

Nah jadi megapiksel besar tidak menjamin kalau hasil fotomu akan bagus ya, perlu tau sensornya apa dulu yang lebih berpengaruh pada kualitas foto. Selain itu, banyak faktor lain-lain yang mempengaruhi hasil foto, seperti skill dan lensa yang dipakai.

Namun, kamera dengan megapiksel besar memiliki keunggulan, yaitu kamu dapat mengcrop hasil fotomu sangat kecil dari foto aslinya tetapi hasilnya masih cukup tajam seperti pada contoh di bawah ini :

 

Source : http://www.saveseva.com ; Gambar diambil dengan DSLR 24 megapiksel.