Apa Itu Storytelling?

Dalam sebuah foto biasanya terdapat cerita yang ingin disampaikan dan merupakan salah satu yang terpenting dalam sebuah foto yang bagus. Melalui sebuah foto kamu dapat menyampaikan cerita yang diinginkan. Ada 2 macam yaitu single image storytelling dan photo sequence storytelling.

1. Single image storytelling

Jenis yang satu ini biasanya menggunakan hanya 1 gambar saja, misalnya gambar pantai pada siang hari.

Source : http://www.lonelyplanet.com/travel-tips-and-articles/77325

Pada gambar tersebut diceritakan tentang kondisi pantai dengan pasir putih yang berpadu dengan batu karang yang berserakan dengan deburan ombak manja. Dilengkapi dengan air laut yang biru bening diiringi dengan awan putih yang bertaburan di langit dan pohon kelapa yang teduh. Kebayang kan Sobat KEE serunya kalo berada di sana..

2. Photo sequence storytelling

Jenis ini biasanya terdapat beberapa foto yang membentuk sebuah cerita. Biasanya gambar yang diambil berbeda-beda tetapi memiliki suatu alur cerita. Yuk kita lihat contohnya..

Source : https://andiktaufiq.wordpress.com/2011/09/15/belajar-visual-storytelling/

Pada gambar-gambar tersebut diceritakan tentang seorang laki-laki yang membawa papan untuk tempat bus berhenti. Dengan melihat kesleuruhan gambar, kamu bisa menangkap cerita yang dimaksudkan oleh fotografer tersebut.